Batuk seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari dan terjadi karena adanya virus yang mengganggu tenggorokan. Akupuntur untuk batuk, salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari pengobatan asal Cina ini. Dengan menstimulasi titik tertentu di tubuh, batuk akan segera menghilang dan aktivitas sehari-hari menjadi lancar.

DIDUKUNG OLEH:

Titik Akupuntur Batuk Di Tubuh

Batuk akan muncul jika ada benda asing atau virus dan kotoran yang ada di tenggorokan, hal ini terjadi sebagai reaksi tubuh untuk mengeluarkan kotoran dan racun di tenggorokan.

Namun, saat batuk terus diderita dalam jangka waktu yang lama, hal ini pasti sangatlah mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukanlah suatu pengobatan untuk atasi masalah ini. Batuk sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu batuk berdahak dan kering.

Kedua jenis dari batuk tersebut bisa diatasi dengan melakukan terapi akupuntur. Terdapat titik-titik akupuntur yang tersebar di tubuh untuk atasi batuk. Titik tersebut dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

a. Di kaki

Terdapat beberapa titik akupuntur yang ada di bagian punggung kaki, dan telapak kaki. Telapak kaki kiri, merupakan titik refleksi paru-paru sebelah kanan, sedangkan telapak kaki kanan merupakan titik refleksi paru-paru kiri. Di punggung kaki, bagian bawah jari tengah kaki, bagian titik refleksi dada. Sedangkan di sela ibu jari kaki merupakan titik refleksi tenggorokan.

b. Di tangan

Bagian telapak tangan, sela jari telunjuk dan jari tengah merupakan titik refleksi tenggorokan. Di bawah ibu jari telapak tangan merupakan titik untuk redakan batuk, dan di area punggung tangan, antara jari telunjuk dan jari manis adalah titik refleksi tenggorokan dan dada.

c. Titik akupresur batuk

Letak syaraf di bawah tenggorokan di cekungan antara 2 tulang iga atas, di sebelah sendi bahu kiri dan kanan, di ujung bawah tulang dada tengah, di bawah tulang tengkorak kepala, di tulang tengah punggung leher kanan dan kiri, di sebelah tulang belikat atas kanan dan kiri.

Obat Ampuh Untuk Atasi Batuk

Selain terapi, di bawah ini terdapat beberapa obat ampuh untuk atasi batuk, yaitu :
1. Woods’
2. Siladex
3. OBH
4. Konidin
5. Takabb
6. Vicks
7. Komix
8. Laserin
9. Hufagrip

Akupuntur untuk batuk bisa dijadikan saran pengobatan yang layak dicoba. Lakukan terapi selama 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut bagi penderita batuk akut dan bisa dilanjutkan 1 kali sehari dengan rutin sampai batuk sembuh. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa jenis obat batuk yang disarankan dokter agar masalah cepat teratasi.