Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang merusak kesehatan dan sulit untuk dihilangkan. Peran akupuntur untuk berhenti merokok bisa dijadikan cara alternatif bagi Anda yang ingin berhenti dari kebiasaan buruk tersebut. Berikut ini penjelasannya.

DIDUKUNG OLEH:

Peran Akupuntur Untuk Perokok

Saat seseorang mencoba untuk menghisap rokok, orang tersebut biasanya akan merasa ketagihan dan ingin mencoba lagi. Kandungan nikotin dalam rokok membuat seseorang menjadi kecanduan dan jika dibiarkan akan sulit untuk berhenti.

Sudah sangat jelas bahwa rokok tidak bagus untuk kesehatan karena dapat merusak paru-paru dan tidak memiliki kandungan gizi apapun. Bagi pecandu rokok, hal ini pasti sangat sulit untuk ditinggalkan hingga Anda bisa mencoba melakukan terapi akupuntur jika ingin berhenti dari kebiasaan buruk ini.

Seorang dokter lulusan Universitas Indonesia menjelaskan bahwa ada 9 titik yang bermanfaat untuk meredam keinginan merokok, yaitu:

1. Di alis mata
2. Bagian ubun-ubun
3. Di bawah puting susu
4. Bawah tulang selangka
5. Ketiak
6. Bawah hidung
7. Samping mata
8. Dagu
9. Bawah mata

Kesembilan titik tersebut bisa dirangsang selama 1 menit atau hingga pasien tersebut muntah hebat dan mengatakan bahwa rokok itu bau. Setelah itu, katakan pada pasien bahwa jangan mendekati rokok lagi dan biasanya hal ini berhasil dilakukan. Teknik pengobatan ini disebut dengan SEFT dan keberhasilan teknik ini tergantung dari keinginan pasien tersebut untuk berhenti merokok.

Cara Lain Untuk Berhenti Merokok

Kebiasaan ini sangat sulit untuk dihilangkan, terlebih lagi bagi perokok akut. Jika mulai memikirkan kondisi kesehatan, alangkah lebih baik untuk segera mengubah pola hidup dan mencoba melakukan hal lain untuk menghilangkan kebiasaan merokok, contohnya:

– Dibutuhkan alasan kuat untuk berhenti merokok
– Relaksasi
– Menyibukkan diri hingga tidak sempat untuk merokok
– Olahraga
– Mengunyah sesuatu seperti permen
– Jangan melakukan diet

Selain cara berhenti merokok yang sudah disebutkan di atas, keinginan untuk berhenti memang harus ditanamkan dalam diri dan yakin bahwa Anda memang ingin berhenti merokok untuk menjaga kesehatan Anda atau untuk melihat keluarga Anda bahagia.

Melakukan terapi akupuntur untuk berhenti merokok bisa juga dicoba sebagai cara tambahan agar cepat sembuh dari kebiasaan buruk tersebut. Ubah gaya hidup dan mulai memperhatikan kondisi kesehatan tubuh sendiri.