Akupuntur Untuk Depresi Mental Seseorang

Akupuntur untuk depresi, salah satu manfaat dari pengobatan ini yang khusus untuk mengatasi masalah pada seseorang. Depresi merupakan masalah yang bisa dialami siapapun. Hal ini biasanya ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli.

Seseorang mengalami depresi jika perasaan sedih dan murung terjadi lebih dari 2 minggu. Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh orang tersebut. Berikut ini manfaat akupuntur atasi masalah ini.

Peran Akupuntur Atasi Depresi

Masalah depresi jika dibiarkan lebih lanjut akan mengganggu kehidupan orang tersebut dan produktivitas kerja menurun, bahkan depresi bisa memicu keinginan seseorang untuk bunuh diri.

Hal ini tentu saja merupakan masalah yang serius dan harus segera diatasi, salah satu pengobatan yang bisa Anda coba jika mengalami masalah ini adalah dengan melakukan terapi akupuntur.

- Advertisement -

Akupuntur dapat menstimulasi beberapa titik yang menyebabkan rasa depresi muncul dan membuat tubuh menjadi rileks dan tenang. Berbagai macam terapi bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan mental ini dan salah satunya adalah akupuntur.

Akupuntur memang tidak mengobati masalah depresi secara keseluruhan, namun dengan melakukan terapi ini, gejala yang timbul akan berkurang dan tubuh mengalami peningkatan.

Di bawah ini beberapa titik untuk mengurangi gejala depresi, yaitu :

1. Tulang selangka

Menekan dengan kuat dan lambat untuk meredakan kecemasan yang timbul. Caranya adalah dengan meletakkan 3 jari di bagian datar di ujung tulang selangka, lalu tarik nafas dalam selama 1 menit.

2. Pantat

Menekan titik ini dapat mengurangi frustasi yang muncul. Caranya ialah dengan lakukan dalam posisi berdiri dan kepalkan tangan, lalu pukul ujung pantat. Jika berbaring terlentang, tekuk lutut dan tempatkan kepalan tangan atau telapak tangan di bawah pantat, lalu ayunkan lutut ke kanan dan kiri sambil menekan titik pijat dengan kuat.

BACA JUGA  Obati Telinga Berdenging dengan Rangsangan Akupresur

3. Antara alis dan tulang dada

Pijat area ini untuk meredakan kemarahan. Caranya ialah meletakkan ujung jari tengah kanan di antara alis dan ujung jari tangan kiri di tengah tulang dada. Lalu, tekan perlahan dan tutup mata sambil mengambil nafas dalam selama 1 menit.

Itulah titik akupuntur untuk depresi yang ada di tubuh. Lakukan pijatan pada titik tersebut untuk redakan gejala depresi agar kualitas hidup terjaga. Selain itu, Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti bersepeda, berenang dan melakukan pola hidup sehat untuk hilangkan depresi.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...