Akupuntur untuk Eksim, Apakah Ini Membantu?

Akupuntur untuk Eksim, Apakah Ini Membantu? – Jika tertusuk jarum yang sangat halus terdengar begitu menakutkan dan mungkin akan terasa sakit.  Faktanya, akupuntur dapat membantu mengatasi kondisi nyeri tertentu. Saat ini, banyak orang mendapatkan akupuntur untuk mengobati rasa sakit, penyakit, dan bahkan kondisi kulit seperti eksim.

Akupuntur untuk Eksim, Apakah Ini Membantu?

Penelitian menunjukkan akupuntur dapat membantu mengurangi flare-up dan mengobati gejala eksim seperti gatal dan lesi. National Eczema Foundation bahkan mencatat bahwa studi berbasis bukti tentang eksim dan akupresur “membesarkan hati”.

Namun meskipun info ini terlihat menjanjikan, itu masih terbatas. Akupuntur juga tidak berhasil untuk semua orang dan membutuhkan waktu untuk melakukannya. Mari kita hubungkan titik-titik pada akupuntur untuk eksim.

Eksim membuat Anda benar-benar tidak nyaman dengan menyebabkan bercak merah pada kulit yang gatal, bersisik, kering. Jenis eksim tertentu juga dapat membuat kulit Anda melepuh dan membentuk lesi.

- Advertisement -

Tapi bagaimana mengubah diri Anda dapat membantu kulit Anda yang gatal?

Akupuntur bukanlah obat ajaib untuk eksim, tetapi penelitian tentang dermatitis atopik (jenis eksim yang paling umum) menunjukkan bahwa disematkan dapat membantu meringankan gejala. Begini caranya:

  • Membuang gatal eksim. Sebuah studi kecil tahun 2019 menemukan bahwa akupuntur memperbaiki gejala eksim ringan hingga sedang, terutama dalam hal mengendalikan rasa gatal.
  • Mengurangi stres, lesi, dan flare-up. Dalam tinjauan tahun 2018, para peneliti melaporkan berkurangnya rasa gatal, ukuran lesi, dan kejadian flare-up pada peserta akupuntur dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peneliti juga mengatakan sifat akupuntur mengurangi stres bermanfaat bagi penderita eksim.
  • Mengobati eksim yang parah. Sebuah studi besar tahun 2020 menunjukkan akupuntur dapat mengurangi keparahan eksim dan ukuran wabah, bersama dengan rasa gatal yang mengganggu itu, sumber greatist.com.
BACA JUGA  Ini 6 Obat Batuk Alami untuk Sembuhkan Sakit Batuk Anak

Secara keseluruhan, penelitian tampaknya setuju bahwa akupuntur membantu mengatasi rasa gatal yang menyertai eksim. Ini juga dapat membantu mengurangi stres, ukuran lesi, dan flare-up. Definisi risetnya tidak sempurna, tetapi prospeknya tampak cukup bagus. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli akupuntur untuk mencoba mengatasi masalah ini.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...