Pernahkah Anda mendengar istilah fibromyalgia? Fibromyalgia ini ternyata adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri di seluruh tubuh. Penyakit ini juga bisa menyebabkan gangguan saat tidur yang disertai dengan rasa lelah. Pengobatan akupuntur untuk meringankan nyeri pada fibromyalgia ternyata sudah terbukti berhasil. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai akupuntur untuk fibromyalgia.

Pengertian Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah salah satu penyakit dengan munculnya rasa nyeri pada seluruh tubuh, disertai dengan rasa lelah dan gangguan saat tidur. Penyakit ini rentan terkena oleh siapa saja, namun penyakit ini lebih sering menyerang wanita atau orang yang berusia 30 sampai 50 tahun.

Gejala munculnya penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri di seluruh badan yang berlangsung selama 3 bulan. Selain itu, rasa nyeri yang muncul akan terasa seperti terbakar atau di tusuk-tusuk dan kaku pada otot saat bangun tidur.

Pengobatan Akupuntur untuk Fibromyalgia

Menurut sebuah penelitian, akupuntur dapat menyembuhkan fibromyalgia dengan cara menerapi pasien tersebut. Setelah sepuluh minggu, rasa nyeri yang di alami si pasien akan berkurang 40%.

Pengobatan fibromyalgia bisa di mulai dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri saraf Lyrica, namun jika hasil yang di dapat kurang maksimal, dokter bisa menyarankan untuk melakukan terapi akupuntur.

Berdasarkan penelitian, akupuntur untuk meringankan nyeri pada fibromyalgia ini lebih memiliki efek yang besar dibandingkan dengan melakukan pengobatan lain.

Pengobatan Lain untuk Fibromyalgia

Meskipun belum memiliki obat khusus untuk meredakan penyakit fibromyalgia, dokter biasanya mengkombinasikan pengobatan untuk mengatasi penyakit tersebut. Kombinasi tersebut bisa dilakukan dengan cara berolahraga, pencegahan stres dan memberikan obat-obatan. Obat yang biasa diberikan pada penderita fibromyalgia, yaitu :

a. Obat antidepresan, seperti duloxetine.
b. Obat penawar rasa sakit, seperti ibuprofen.
c. Obat anti kejang, seperti pregabalin.
d. Obat untuk epilepsi yang bisa meredakan rasa nyeri.

Pengobatan akupuntur untuk meringankan nyeri pada fibromyalgia ternyata cukup efektif dilakukan jika pasien tidak kunjung sembuh diberikan obat. Terapi akupuntur juga dapat di lakukan si pasien sembari melakukan pengobatan medis biasa.