Peran akupuntur untuk gangguan pendengaran, efektifkah? Akupuntur dipercaya dapat mengobati gangguan kecemasan, sakit kronis, migrain dan lainnya. Kini, pengobatan asal Cina ini dipercaya dapat mengatasi masalah gangguan pada sistem pendengaran. Bagaimana penjelasannya? Simak di bawah ini.

Hubungan Akupuntur Dengan Pendengaran

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa akupuntur telah terbukti bisa meningkatkan pendengaran bagi seseorang yang memiliki masalah pada indra pendengarannya.

Studi tersebut menunjukkan bahwa terapi akupuntur dapat membantu seseorang yang menderita tuli karena saraf. Tuli sensorineural ini disebabkan kerusakan pada saraf pendengaran.

Dalam studi lainnya, para peneliti menunjukkan jika akupuntur dikombinasikan dengan jahe moksibusi akan membantu individu yang memiliki masalah tinitus atau telinge berdengung.

Gangguan pada sistem pendengaran bisa disebabkan oleh banyak hal seperti paparan suara bising yang terlalu lama, hingga gangguan yang terjadi di bagian saraf pendengaran.

Terdapat 3 jenis gangguan pada sistem pendengaran yang biasanya terjadi, yaitu gangguan pendengaran sensorineural, gangguan pendengaran konduktif dan gangguan pendengaran campuran.

Jenis Gangguan Pada Pendengaran

Jenis dari gangguan pada sistem pendengaran dibagi menjadi 3 bagian seperti yang telah disebutkan di atas. Berikut ini penjelasannya:

1. Gangguan pendengaran sensorineural

Terjadi saat ada kerusakan telinga di bagian dalam dan gangguan pada jalur saraf antar telinga dalam dengan otak. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan gangguan jenis ini adalah:

– Kondisi genetik
– Proses penuaan
– Cedera di kepala

2. Gangguan pendengaran konduktif

Terjadi saat proses penghantaran bunyi yang terganggu adanya gangguan pada telinga. Kondisi yang bisa menyebabkan gangguan jenis ini adalah:

– Infeksi telinga luar
– Gendang telinga robek
– Kotoran telinga yang menumpuk

3. Gangguan pendengaran campuran

Terjadi saat timbul gangguan pendengaran konduktif dan gangguan pendengaran sensorineural secara bersamaan. Jadi, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan di bagian luar telinga, bagian tengah telinga, bagian dalam telinga dan jalur saraf ke otak.

Itulah peran terapi akupuntur untuk gangguan pendengaran yang telah diuji oleh beberapa peneliti terkait keefektifannya. Masalah gangguan pada sistem pendengaran ini bisa diatasi dengan mudah jika akar masalahnya terletak pada bagian saraf.