Kenali Akupuntur Untuk Gangguan Pendengaran

Pengobatan tradisional akupuntur ternyata tidak hanya untuk perawatan kecantikan dan meredakan nyeri saja, akupuntur juga bisa mengatasi gangguan pendengaran, benarkah demikian?

Beberapa pasien mengklaim bahwa akupuntur bisa mengobati gangguan pendengaran tersebut, namun hanya sedikit bukti medis yang menyatakan demikian. Berikut ini akan dijelaskan mengenai akupuntur untuk gangguan pendengaran.

Kaitan Akupuntur dengan Gangguan Pendengaran

International Journal of Clinical and Experimental Medicine menyatakan bahwa akupuntur terbukti meningkatkan pendengaran bagi seseorang yang mengalami gangguan dalam pendengarannya.

Sebuah penelitian yang dipelopori oleh seorang dokter bernama Dr. Jiang mengatakan bahwa akupuntur lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan dalam mengatasi gangguan pendengaran.

Formula herbal Er Long Zuo Ci Wan yang biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional Cina atau TCM efektif untuk mengatasi gangguan pendengaran dan hal ini sudah didukung oleh tim peneliti.

Menurut sebuah penelitian, akupuntur dikombinasikan dengan obat-obatan lebih efektif mengatasi gangguan pendengaran daripada hanya memakai obat-obatan saja, bahkan gangguan pendengaran sensorineural, tuli dan tinnitus dapat di atasi dengan akupuntur.

Penelitian Akupuntur

Karena keterbatasan dalam penilitan, hasil mengenai pengobatan akupuntur untuk gangguan telinga masih mengalami sedikit keterbatasan dalam membuktikan keefektifitasannya.

Namun, menurut beberapa pasien yang pernah menjalani terapi akupuntur untuk mengobati gangguan telinga yang di deritanya telah membuktikan bahwa, akupuntur memang bisa di jadikan alternatif pengobatan menyembuhkan gangguan pada telinga tersebut.

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan, pasien dengan gangguan pendengaran yang telah menjalani terapi akupuntur menunjukkan sebanyak 22 pasien pulih sepenuhnya, 4 pasien dengan peningkatan moderat dan 5 pasien menunjukkan peningkatan yang nyata. Para peneliti juga menjelaskan bahwa tidak ada responden dari penelitian tersebut yang mengalami kambuh gejala setelah melakukan terapi akupuntur.

BACA JUGA  Organ Lambung yang Penting untuk Jaga Kesehatan

Itulah kaitan antara akupuntur untuk gangguan pendengaran yang nyatanya sudah memiliki bukti walaupun hanya sedikit. Dari bukti tersebut menyatakan bahwa akupuntur dengan dipadukan obat-obatan efektif mengobati gangguan pendengaran yang di alami oleh si pasien. Namun, tentu saja jika ingin melakukan terapi ini perlu adanya konsultasi dari ahli akupuntur atau dokter akupuntur terlebih dahulu agar lebih aman.

TERBARU

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami....

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan jamu dan tanaman obat. Sayangnya, pemahaman masyarakat tentang jamu masih terbatas pada Pulau Jawa. Setiap...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami. Praktisi dan Dosen Tuina, Didik Waluyo, Ir. M.Med menjabarkan ihwal ini dalam PIKTI E-Seminar Seri...

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga dan perlu dipelajari. Berbagai ramuan yang berasal dari alam sekitar digunakan dalam praktek pengobatan tradisional....

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...