Kenali Akupuntur Untuk Gangguan Pendengaran

Pengobatan tradisional akupuntur ternyata tidak hanya untuk perawatan kecantikan dan meredakan nyeri saja, akupuntur juga bisa mengatasi gangguan pendengaran, benarkah demikian?

Beberapa pasien mengklaim bahwa akupuntur bisa mengobati gangguan pendengaran tersebut, namun hanya sedikit bukti medis yang menyatakan demikian. Berikut ini akan dijelaskan mengenai akupuntur untuk gangguan pendengaran.

Kaitan Akupuntur dengan Gangguan Pendengaran

International Journal of Clinical and Experimental Medicine menyatakan bahwa akupuntur terbukti meningkatkan pendengaran bagi seseorang yang mengalami gangguan dalam pendengarannya.

Sebuah penelitian yang dipelopori oleh seorang dokter bernama Dr. Jiang mengatakan bahwa akupuntur lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan dalam mengatasi gangguan pendengaran.

- Advertisement -

Formula herbal Er Long Zuo Ci Wan yang biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional Cina atau TCM efektif untuk mengatasi gangguan pendengaran dan hal ini sudah didukung oleh tim peneliti.

Menurut sebuah penelitian, akupuntur dikombinasikan dengan obat-obatan lebih efektif mengatasi gangguan pendengaran daripada hanya memakai obat-obatan saja, bahkan gangguan pendengaran sensorineural, tuli dan tinnitus dapat di atasi dengan akupuntur.

Penelitian Akupuntur

Karena keterbatasan dalam penilitan, hasil mengenai pengobatan akupuntur untuk gangguan telinga masih mengalami sedikit keterbatasan dalam membuktikan keefektifitasannya.

Namun, menurut beberapa pasien yang pernah menjalani terapi akupuntur untuk mengobati gangguan telinga yang di deritanya telah membuktikan bahwa, akupuntur memang bisa di jadikan alternatif pengobatan menyembuhkan gangguan pada telinga tersebut.

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan, pasien dengan gangguan pendengaran yang telah menjalani terapi akupuntur menunjukkan sebanyak 22 pasien pulih sepenuhnya, 4 pasien dengan peningkatan moderat dan 5 pasien menunjukkan peningkatan yang nyata. Para peneliti juga menjelaskan bahwa tidak ada responden dari penelitian tersebut yang mengalami kambuh gejala setelah melakukan terapi akupuntur.

BACA JUGA  Penderita Infeksi Ginjal Hindari Makanan Ini

Itulah kaitan antara akupuntur untuk gangguan pendengaran yang nyatanya sudah memiliki bukti walaupun hanya sedikit. Dari bukti tersebut menyatakan bahwa akupuntur dengan dipadukan obat-obatan efektif mengobati gangguan pendengaran yang di alami oleh si pasien. Namun, tentu saja jika ingin melakukan terapi ini perlu adanya konsultasi dari ahli akupuntur atau dokter akupuntur terlebih dahulu agar lebih aman.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...