Pengobatan tradisional akupuntur ternyata tidak hanya untuk perawatan kecantikan dan meredakan nyeri saja, akupuntur juga bisa mengatasi gangguan pendengaran, benarkah demikian?

Beberapa pasien mengklaim bahwa akupuntur bisa mengobati gangguan pendengaran tersebut, namun hanya sedikit bukti medis yang menyatakan demikian. Berikut ini akan dijelaskan mengenai akupuntur untuk gangguan pendengaran.

Kaitan Akupuntur dengan Gangguan Pendengaran

International Journal of Clinical and Experimental Medicine menyatakan bahwa akupuntur terbukti meningkatkan pendengaran bagi seseorang yang mengalami gangguan dalam pendengarannya.

Sebuah penelitian yang dipelopori oleh seorang dokter bernama Dr. Jiang mengatakan bahwa akupuntur lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan dalam mengatasi gangguan pendengaran.

Formula herbal Er Long Zuo Ci Wan yang biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional Cina atau TCM efektif untuk mengatasi gangguan pendengaran dan hal ini sudah didukung oleh tim peneliti.

Menurut sebuah penelitian, akupuntur dikombinasikan dengan obat-obatan lebih efektif mengatasi gangguan pendengaran daripada hanya memakai obat-obatan saja, bahkan gangguan pendengaran sensorineural, tuli dan tinnitus dapat di atasi dengan akupuntur.

Penelitian Akupuntur

Karena keterbatasan dalam penilitan, hasil mengenai pengobatan akupuntur untuk gangguan telinga masih mengalami sedikit keterbatasan dalam membuktikan keefektifitasannya.

Namun, menurut beberapa pasien yang pernah menjalani terapi akupuntur untuk mengobati gangguan telinga yang di deritanya telah membuktikan bahwa, akupuntur memang bisa di jadikan alternatif pengobatan menyembuhkan gangguan pada telinga tersebut.

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan, pasien dengan gangguan pendengaran yang telah menjalani terapi akupuntur menunjukkan sebanyak 22 pasien pulih sepenuhnya, 4 pasien dengan peningkatan moderat dan 5 pasien menunjukkan peningkatan yang nyata. Para peneliti juga menjelaskan bahwa tidak ada responden dari penelitian tersebut yang mengalami kambuh gejala setelah melakukan terapi akupuntur.

Itulah kaitan antara akupuntur untuk gangguan pendengaran yang nyatanya sudah memiliki bukti walaupun hanya sedikit. Dari bukti tersebut menyatakan bahwa akupuntur dengan dipadukan obat-obatan efektif mengobati gangguan pendengaran yang di alami oleh si pasien. Namun, tentu saja jika ingin melakukan terapi ini perlu adanya konsultasi dari ahli akupuntur atau dokter akupuntur terlebih dahulu agar lebih aman.