Akupuntur Untuk Gejala Ginjal, Bermanfaat ? – Pasien dengan penyakit ginjal kronis mengalami berbagai gejala fisik dan psikologis, tetapi pilihan pengobatan terbatas karena fungsi ginjal yang berkurang dan masalah kesehatan kronis lainnya.

Akupuntur banyak digunakan untuk mengobati gejala umum seperti nyeri, kelelahan atau mood depresi pada pasien dengan kondisi kronis. Ulasan ini bertujuan untuk menyelidiki bukti terkini dan peran potensial akupuntur pada pasien dengan penyakit ginjal kronis (PGK).

Akupuntur Untuk Gejala Ginjal, Bermanfaat ?

Telah ditelusuri literatur hingga Januari 2016 dan menganalisis 24 studi yang melibatkan 1.787 peserta. Dari jumlah tersebut, hanya tujuh studi yang memberikan data yang dapat digabungkan untuk analisis. Studi melaporkan bahwa akupresur manual dapat memperbaiki kelelahan, depresi dan gangguan tidur bila digunakan sebagai tambahan untuk perawatan rutin untuk pasien yang menjalani pemeliharaan hemodialisis 4 minggu dari awal. Tidak ada penelitian yang menilai nyeri dan sebagian besar tidak melaporkan apakah terjadi efek samping akupuntur.

DIDUKUNG OLEH:

Secara keseluruhan, penemuan bukti kualitas yang sangat rendah tentang keefektifan akupuntur untuk gejala CKD. Akupresur manual yang dikombinasikan dengan perawatan rutin dapat meredakan gejala jangka pendek dari suasana hati depresi, kelelahan dan gangguan tidur pada pasien yang menjalani hemodialisis.

Temuan dari tinjauan ini tidak dapat mendukung manfaat teknik akupuntur lain untuk pasien dengan PGK karena terlalu sedikit penelitian yang dapat diandalkan. Nyeri merupakan kondisi umum pada penderita PGK. Dengan demikian, peran potensial akupuntur untuk pengendalian nyeri pada pasien PGK perlu diteliti lebih lanjut.

Semua studi dinilai pada risiko bias yang tinggi atau tidak jelas, terutama dalam hal pemilihan peserta dan pelaporan hasil selektif, yang membuat validitas hasil mereka meragukan.

BACA JUGA  Akupuntur Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Akan tetapi, akupuntur memang memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan. Pengobatan yang berasal dari China ini terbukti begitu efektif dalam menyembuhkan penyakit nyeri, depresi atau yang lainnya.

Dalam kaitannya dengan gejala ginjal, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli akupuntur. Dengan begitu akan semakin yakin akan menggunakan pengobatan ini atau tidak.