Terapi akupuntur untuk hilangkan gatal merupakan salah satu manfaat dari akupuntur untuk menghilangkan rasa gatal dari alergi maupun hal lainnya. Alergi akan membuat tubuh bereaksi berlebihan pada benda asing yang mengenai tubuh.

Untuk sebagian orang, alergi merupakan hal yang biasa dan dianggap enteng. Namun, jika masalah ini berlanjut dalam kurun waktu lama, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter agar tidak terjadi sesuatu yang buruk.

Manfaat Akupuntur Untuk Hilangkan Gatal

Saat seseorang mengalami alergi, selain rasa gatal, beberapa gejala yang akan muncul seperti dibawah ini:

1. Batuk
2. Sesak nafas
3. Gatal di area tertentu
4. Bengkak dan ruam pada kulit
5. Hidung berlendir dan sering bersin
6. Alergi di area mata akan menyebabkan mata berair, gatal dan merah
7. Alergi di makanan akan menyebabkan diare, muntah dan sakit perut
8. Terkadang disertai demam

Seseorang yang mengalami alergi bisa menimbulkan gejala yang berbeda, tergantung dari pemicu dan area tubuh yang mengalami alergi. Namun, rasa gatal saat alergi pasti akan selalu muncul.

Alergi bisa disembuhkan dengan melakukan beberapa pijatan di area tertentu, dan rasa gatal juga pasti akan ikut teratasi. Berikut ini beberapa titik pijat untuk atasi alergi di beberapa area tubuh:

– Di area telapak kaki
– Di area lutut dan di punggung kaki
– Di bagian dada dan atas pusar
– Di area samping lengan
– Di area tengkuk leher

Anda bisa memijat titik ini selama 1 menit di setiap titiknya dan terapi ini bisa dilakukan setiap hari hingga sembuh. Rasa gatal karena alergi pun bisa ikut terobati dengan melakukan terapi ini.

Setelah melakukan terapi, biasakan untuk minum 2 gelas air mineral agar pembuangan racun dalam tubuh lancar.

Cara Alami Hilangkan Gatal

Selain memanfaatkan obat gatal dari dokter dan juga terapi, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami di bawah ini sebagai obat gatal, seperti:

1. Mengoleskan minyak kelapa pada area yang terkena alergi
2. Mencampurkan oatmeal dan air hingga menjadi bubur, balurkan pada bagian tubuh yang terkena alergi atau memakannya langsung
3. Menggunakan produk yang mengandung lidah buaya untuk atasi gatal atau memakainya langsung dengan memanfaatkan gel lidah buaya
4. Menggosokkan potongan mentimun ke area kulit yang gatal atau mencampurkan mentimun dengan yogurt
5. Membaurkan es batu pada area yang gatal

Itulah manfaat akupuntur untuk hilangkan gatal yang disebabkan oleh alergi, beserta cara alami yang bisa dicoba untuk menghilangkan gatal. Jika rasa gatal masih terus berlanjut, Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter.