Sering Kesemutan? Coba Akupuntur Untuk Kesemutan

Kesemutan merupakan suatu keadaan yang biasanya disebabkan karena peredaran darah yang kurang lancar atau tersumbat di area tertentu. Lalu bisakah akupuntur mengobati kesemutan? Berikut ini akan dijelaskan mengenai akupuntur untuk kesemutan.

Penyebab Munculnya Kesemutan

Kesemutan terjadi ketika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan, seperti saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama. Jika kita terlalu lama memposisikan kaki dengan menekuk dan duduk bersimpuh dalam waktu yang lama, biasanya kesemutan akan muncul dan bisa diredakan dengan menggerakan bagian yang kesemutan tersebut.

Penyebab lain yang bisa menimbulkan kesemutan adalah gangguan pada saraf tepi, sumsum tulang belakang, otot, atau bagian otak. Adapun penyebab lain dari munculnya kesemutan adalah dari penyakit diabetes mellitus, gangguan jantung dan rematik.

Titik Akupuntur untuk Kesemutan

Berikut ini beberapa titik refleksi atau akupresur untuk mengatasi kebas atau kesemutan, yaitu :

a. Titik refleksi kesemutan di kaki > titik refleksi kelenjar adrenalin terdapat di bagian telapak kaki kanan dan kiri. Sedangkan titik refleksi lutut, berada di bawah mata kaki.
b. Titik akupresur kesemutan di kaki > di ujung atas tulang kering di bawah lutut, di tengah otot betis, pinggul sebelah kanan dan kiri.

Untuk mengatasi kesemutan, lakukan pijatan pada titik-titik refleksi kaki yang kesemutan tersebut setiap hari selama 3 hari berturut-turut, titik tersebut berlaku untuk kaki kanan dan kiri.

Jika rasa kesemutan belum hilang selama sehari, lakukan pemijatan di titik tersebut selama 3 kali dalam sehari dan perbanyak minum air putih atau setengah liter setelah selesai melakukan terapi.

Akupuntur merupakan suatu teknik menusukkan jarum ke area tertentu atau merangsang titik tertentu untuk mengatasi keluhan yang dialami oleh si pasien. Oleh karena itu, akupuntur bisa dilakukan untuk mengatasi kesemutan karena akupuntur memang di peruntukkan untuk melancarkan suatu aliran energi yang tersumbat di dalam tubuh.

BACA JUGA  Menurunkan Angka Di Timbangan Dengan Akupuntur

Akupuntur untuk kesemutan ini bisa dijadikan sebagai salah satu pengobatan yang efektif selain berobat ke rumah sakit. Jika kesemutan ringan, Anda bisa menggerakkan bagian tubuh yang kesemutan tersebut dengan perlahan. Namun, jika kesemutan berlangsung sangat lama atau hingga seharian, Anda bisa memeriksakannya ke dokter atau melakukan terapi akupuntur.

TERBARU

Tertarik Jajal Terapi Kerokan atau Gua Sha? Ketahui Dulu Efek dan Cara Amannya

Sebelumnya telah dipaparkan bahwa kerokan atau gua sha jamak...

Tertarik Konsumsi Suplemen, Baca Dulu Anjuran Dokter Bedah ini

Banyak orang menganggap bahwa suplemen bisa membantu mengatasi berbagai...

Kasus Diabetes Anak Makin Marak, Apa Penyebabnya?

Indonesia memiliki masalah serius dengan meningkatnya kasus diabetes pada...

Apakah Pengobatan Tradisional Masih Digunakan? Ini Penjelasan Lembaga WHO

Pengobatan tradisional merupakan bagian penting dari kesehatan global, WHO...

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami....

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Tertarik Jajal Terapi Kerokan atau Gua Sha? Ketahui Dulu Efek dan Cara Amannya

Sebelumnya telah dipaparkan bahwa kerokan atau gua sha jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Namun, Ketua Umum PIKTI Dr. Dr. Ekawahyu Kasih, S.Pd.,...

Tertarik Konsumsi Suplemen, Baca Dulu Anjuran Dokter Bedah ini

Banyak orang menganggap bahwa suplemen bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti menurunkan berat badan, merawat rambut, jerawat, kuku, dan kesehatan secara keseluruhan. Meski...

Kasus Diabetes Anak Makin Marak, Apa Penyebabnya?

Indonesia memiliki masalah serius dengan meningkatnya kasus diabetes pada anak-anak. Melansir laman BBC Indonesia, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru-baru ini mengungkapkan bahwa prevalensi...

Apakah Pengobatan Tradisional Masih Digunakan? Ini Penjelasan Lembaga WHO

Pengobatan tradisional merupakan bagian penting dari kesehatan global, WHO menyampaikan bahwa diperkirakan 88% negara anggota telah menggunakan praktik seperti obat herbal, akupuntur, dan terapi...

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan jamu dan tanaman obat. Sayangnya, pemahaman masyarakat tentang jamu masih terbatas pada Pulau Jawa. Setiap...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami. Praktisi dan Dosen Tuina, Didik Waluyo, Ir. M.Med menjabarkan ihwal ini dalam PIKTI E-Seminar Seri...