Perut kembung bisa dialami oleh siapa saja dan kapanpun, dengan kegunaan akupuntur untuk mengatasi perut kembung, masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Dengan melakukan pijatan di titik tertentu, masalah perut kembung yang mengganggu akan segera teratasi.

Terapi Untuk Perut Kembung

Saat perut kembung, seseorang akan merasakan begah dan sulit untuk melakukan aktivitas. Hal ini biasanya terjadi karena masuk angin atau penyakit yang serius seperti kelainan pada sistem pencernaan.

Selain mengontrol rasa stres dan mengatur pola makan, terapi akupuntur juga bisa dijadikan saran pengobatan untuk melancarkan aliran Qi yang terganggu. Anda bisa melakukan terapi pijat untuk mengatasi masalah ini.

DIDUKUNG OLEH:

Berikut ini cara mengatasi perut kembung tanpa harus menggunakan obat, yaitu:

– Meletakkan telapak tangan di atas pusar dan tekan searah jarum jam selama 1 menit. Dengan melakukan pijatan ini, gas dalam perut akan berkurang.

– Lalu letakkan satu jari di atas pusar ke titik tekanan, tekan dan pijat kembali searah jarum jam selama 1 menit. Lakukanlah pijatan kembali secara berlawanan arah selama 1 menit. Cara ini bisa menghilangkan sakit perut dan mengurangi retensi air.

– Meletakkan 1 jari di bawah perut dan pijat searah jarum jam dan ulangi dengan arah berlawanan selama 1 menit. Cara ini bisa mengurangi gas di dalam perut lebih cepat dan meningkatkan aktivitas usus.

Terapi pijat di atas bisa Anda praktekkan dengan menggunakan bantuan orang lain maupun sendiri. Jika masalah perut kembung kembali, Anda bisa melakukan pijatan seperti yang sudah disebutkan hingga masalah perut kembung selesai.

Cara Lain Untuk Redakan Perut Kembung

Selain melakukan terapi akupuntur, Anda bisa melakukan beberapa cara yang aman untuk dicoba di rumah seperti di bawah ini:

BACA JUGA  Terapi Akupuntur Listrik Atasi Masalah Saraf dan Otot

1. Mengkompres perut dengan air panas

Selain menggunakan kain, Anda bisa juga memanfaatkan botol yang dilapisi dengan kain untuk meredakan perut kembung dan nyeri yang ada di perut.

2. Teh peppermint

Kandungan mentol yang bersifat antipasmodik bisa meningkatkan fungsi sistem pencernaan termasuk perut yang kembung.

3. Pisang

Selain melakukan pijatan dan dikompres, perut kembung bisa diatasi dengan mengkonsumsi pisang. Karena pisang merupakan sumber potasium terbaik yang berguna untuk mengatasi perut yang kembung.

Beberapa cara di atas bisa Anda coba untuk mengatasi masalah perut selain melakukan terapi akupuntur untuk mengatasi perut kembung. Jadi, Anda tidak harus mengkonsumsi obat hanya untuk mengatasi masalah perut tersebut.