Flek wajah seringkali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan hal ini harus diatasi. Terapi akupuntur untuk menghilangkan flek wajah merupakan salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengatasi hal tersebut dengan aman.

Peran Akupuntur Atasi Flek Wajah

Ephelis atau flek hitam bisa menimpa siapa saja dan merupakan suatu kondisi yang wajar. Flek hitam atau ephelis ini adalah sebuah bintik-bintik kecil yang berwarna lebih gelap daripada area sekelilingnya.

Flek hitam akan muncul jika terdapat peningkatan produksi melanin di kulit. Oleh karena itu, flek hitam bisa terjadi karena seringnya terpapar sinar matahari dalam waktu lama, memiliki kulit putih dan cerah, dan juga bisa disebabkan oleh faktor genetik.

Akupuntur bisa dijadikan alternatif cara pengobatan untuk mengatasi flek hitam. Adapun cara alami yang bisa di coba untuk menghilangkan flek hitam adalah :

1. Menghindari sinar matahari saat siang hari atau menggunakan tabir surya saat hendak bepergian keluar
2. Melakukan meso akupuntur wajah atau menginjeksi obat anti flek pada titik akupuntur dan cara ini diklaim sangat efektif
3. Melakukan metode penyinaran IPI
4. Menggunakan laser

Salah satu cara pengobatan yaitu akupuntur dapat membantu mencerahkan wajah dan memudarkan flek hitam dan terapi ini juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan pigmen melanin.

Titik akupuntur yang akan distimulasi biasanya terletak di bagian pipi dan jidat, dan biasanya jarum akan didiamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dicabut. Bekas dari jarum yang ditusukkan ini akan segera hilang dalam waktu 2-3 hari saja.

Terapi akupuntur untuk masalah kecantikan wajah ini bisa dilakukan selama 2 minggu sekali secara rutin. Menurut salah satu pasien yang sudah melakukan terapi akupuntur untuk menghilangkan flek di wajah ini, bisa dikatakan cukup bagus. Berikut manfaat dari akupuntur :

1. Mengembalikan integritas sel kulit dengan merangsang peredaran darah dan hormon untuk meningkatkan produksi elastin dan kolagen
2. Meningkatkan metabolisme tubuh
3. Membantu meremajakan kulit

Cara Menghindari Flek Hitam

Di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, yaitu:
1. Menggunakan tabir surya dengan SPF 30-50
2. Menggunakan pelindung seperti pakaian panjang, topi dan hal lainnya saat di luar ruangan
3. Menghindari aktivitas outdoor saat jam 10 pagi hingga 4 sore

Itulah manfaat dari akupuntur untuk menghilangkan flek hitam yang bisa Anda coba sebagai cara alternatif yang efektif untuk mengatasi masalah kulit tersebut.