Depresi bisa saja di alami oleh siapapun, seperti orang yang memiliki masalah hidup yang tidak bisa ia tanggung sendiri dan orang yang terlalu kelelahan bekerja bisa saja mengalami stres atau depresi. Pengobatan akupuntur untuk mengobati depresi juga bisa di lakukan sebagai upaya tambahan atau alternatif.

Pengertian Depresi

Depresi adalah salah satu penyakit gangguan pada mental yang memberikan dampak cukup besar bagi kehidupan si penderita. Orang yang mengalami depresi biasanya cenderung tidak menikmati hidup karena beban yang ia pikul terasa berat.

Depresi juga mempengaruhi mood si penderita, seperti merasa sedih terus menerus yang mendalam dan rasa tidak peduli yang muncul. Orang yang mengalami depresi selalu terlihat murung, sedih, merasa tidak berharga dan putus harapan selama 2 minggu atau lebih.

Akupuntur untuk Depresi

Pengobatan tradisional asal Cina ini di klaim dapat membantu mengobati depresi dengan di bantu dengan pengobatan lain. Menurut studi yang diterbitkan di sebuah jurnal PLOS Medicine membuktikan bahwa akupuntur bisa untuk mengobati depresi dengan ditambah konseling atau pengobatan lainnya.

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang melakukan konseling dan akupuntur memiliki skor depresi yang lebih rendah dalam kurun waktu 3 bulan pasca terapi. Namun, dalam tempo sembilan bulan sampai setahun, pasien yang melakukan pengobatan biasa lebih membaik dibandingkan dengan yang melakukan akupuntur dan konseling.

Penelitian mengenai akupuntur untuk meredakan depresi bukanlah yang pertama kali, terapi ini bisa saja dilakukan sebagai alternatif pengobatan jika pengobatan biasa tidak mendapatkan efek yang maksimal. Namun, akupuntur untuk mengobati depresi menurut studi di Harvard membuktikan bahwa terapi ini bisa membantu meringankan depresi pada ibu hamil.

Efek Samping Akupuntur untuk Mengatasi Depresi

Terapi akupuntur membutuhkan penelitian yang lebih dalam lagi jika di peruntukkan untuk mengatasi depresi. Bagi sebagian orang yang menjalani terapi penyembuhan depresi, akupuntur dapat menimbulkan efek samping seperti:

– Gatal pada area yang ditusuk oleh jarum.
– Memar di sekitar area yang ditusuk oleh jarum.
– Merasa lelah.
– Pendarahan pada daerah yang ditusuk.
– Reaksi alergi yang muncul terhadap jarum akupuntur.

Itulah penjelasan mengenai akupuntur untuk mengobati depresi. Terapi ini dapat dijadikan alternatif pengobatan jika Anda merasa kurang puas dalam pengobatan biasa.