Akupuntur Untuk Mengobati Gangguan Pencernaan?

Akupuntur Untuk Mengobati Gangguan Pencernaan ? – Hampir setiap orang sesekali mengalami gangguan pencernaan. Sensasi tidak nyaman atau terbakar di perut bagian atas ini sering terjadi akibat makan berlebihan.

Anda juga bisa mendapatkan gangguan pencernaan dari makan terlalu cepat, makan makanan tinggi lemak, atau minum terlalu banyak alkohol atau terlalu banyak minuman berkafein, terutama kopi.

Gangguan pencernaan dapat terjadi sebagai respons terhadap stres, merokok atau minum obat yang dapat mengiritasi lambung, seperti obat antiinflamasi nonsteroid seperti aspirin atau ibuprofen.

Akupuntur Untuk Mengobati Gangguan Pencernaan?

Penelitian baru dari China berfokus pada akupuntur sebagai pengobatan untuk jenis gangguan pencernaan umum yang disebut postprandial distress syndrome (PDS). Gejala gangguan ini antara lain rasa cepat kenyang setelah makan, rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut bagian atas. Terkadang rasa sakit dan rasa terbakar di tenggorokan dan perut setelah makan. Kondisi ini mempengaruhi antara delapan dan 12 persen dari populasi umum.

- Advertisement -

Untuk menguji efek akupuntur pada sindrom ini, tim peneliti mengacak 228 pasien sehat. Rentang usianya antara 18 dan 65 dengan kondisi ini untuk menerima sesi akupuntur 20 menit. Praktik ini berlangsung sebanyak tiga kali seminggu selama empat minggu atau pengobatan palsu (penempatan jarum tidak semestinya). Sebelum pengobatan semua peserta penelitian menanggapi pertanyaan tentang gejala mereka.

Studi tersebut menemukan bahwa 83 persen pasien dalam kelompok akupuntur mendapat manfaat dari pengobatan. Dibandingkan dengan 52 persen dari mereka yang menerima pengobatan palsu.

Secara keseluruhan, setelah pengobatan 28 persen pasien yang menjalani akupuntur tidak lagi memiliki gejala PDS daripada 17 persen dari mereka yang menerima pengobatan palsu.

Para peneliti juga melaporkan bahwa perbaikan karena akupuntur berlangsung setidaknya 12 minggu setelah pengobatan akhir dan tidak ada efek samping yang serius. Mereka menambahkan bahwa penelitian masa depan perlu untuk menentukan manfaat jangka panjang dari akupuntur untuk gangguan pencernaan, sumber drweil.com.

BACA JUGA  Bagaimana Akupuntur Dapat Membantu Melahirkan

Akupuntur menjadi satu pengobatan yang sangat populer saat ini. Meski sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, namun sampai saat ini masih terus digunakan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...