Akupuntur Untuk Meredakan Nyeri Saraf Wajah – Penelitian baru menyimpulkan bahwa akupunktur efektif dalam pengobatan neuralgia trigeminal. Trigeminal neuralgia (TN) ditandai dengan nyeri hebat di wajah. Dan dianggap sebagai salah satu pengalaman paling menyakitkan yang mungkin dialami manusia. Diperkirakan satu dari 15.000 orang menderita trigeminal neuralgia.

DIDUKUNG OLEH:

TN adalah kelainan saraf trigeminal, yang merupakan saraf kranial yang dipasangkan secara bilateral dengan tiga cabang: saraf mata, saraf maksila dan saraf mandibula. Saraf trigeminal bertanggung jawab untuk merasakan tekanan (perilaku), suhu (thermoception) dan nyeri (nociception). Ini juga terlibat dalam fungsi motorik wajah untuk otot-otot pengunyahan.

Studi ini berfokus secara khusus pada Neuralgia trigeminal tipe hati yang berlebih dan membandingkan tusuk jarum dalam dengan teknik akupunktur tusuk jarum dangkal. Titik akupunktur yang digunakan dalam penelitian ini adalah St7 (Xiaguan), LI4 (Hegu), LV3 (Taichong), UB2 (Zanzhu), St2 (Sibai) dan Jiachengjiang (M-HN-18).

Pada kelompok jarum dangkal dan jarum dalam, electroacupuncture diaplikasikan selama 30 menit secara bilateral ke titik akupuntur setiap hari. Pada kelompok jarum akupunktur yang dalam, kedalaman jarum mencapai ganglion spheno-palatine (SPG) di St7 dan foramen supraorbital, foramen infraorbital, dan foramen mental untuk titik-titik lain yang digunakan dalam penelitian.

Akupuntur Untuk Meredakan Nyeri Saraf Wajah

Pada kelompok tusuk jarum yang dalam, angka efektif total adalah 93,8 persen. Pada kelompok tusuk jarum dangkal, tingkat efektif total adalah 87,1 persen. Para peneliti menyimpulkan bahwa electroacupuncture efektif untuk menghilangkan rasa sakit akibat trigeminal neuralgia dan tusuk jarum yang dalam lebih efektif daripada tusuk jarum yang dangkal untuk proses penyembuhan.

Ini adalah titik akupunktur wajah lokal yang sesuai dan aman dengan makna khusus . Karena merupakan titik pertemuan saluran Perut (Yangming) dan Kantung Empedu (Shaoyang). Ini memiliki fungsi spesifik untuk menghilangkan rasa sakit di telinga, rahang, gigi, pipi, mulut, mata dan rasa sakit saluran umum. Meskipun terletak di batas bawah lengkung zygomatik pada depresi anterior ke proses condyloid mandibula. Tiitik ini sering disuntikkan 0,5 cun anterior ke lokasi klasiknya untuk kasus neuralgia trigeminal.