Akupuntur Untuk Nyeri Punggung Jauh Lebih Baik – Temuan penelitian yang diterbitkan pada 11 Mei 2009, terbitan Archives of Internal Medicine ini merupakan bagian dari studi akupuntur dan nyeri punggung terbesar yang pernah dilakukan di AS.

Akupuntur Untuk Nyeri Punggung Jauh Lebih Baik

Sebanyak 638 pasien, semuanya menderita nyeri punggung bawah mekanis kronis, berpartisipasi dalam penelitian ini. Tim peneliti memisahkan peserta menjadi empat kelompok. Selama periode 7 minggu, mereka mengamati bagaimana perawatan akupuntur yang berbeda, bersama dengan perawatan umum, dibandingkan dalam mengurangi sakit punggung.

Satu kelompok menerima perawatan akupuntur standar, di mana ahli akupuntur memasukkan jarum ke titik-titik tertentu yang diketahui efektif dalam mengurangi nyeri punggung. Kelompok lain menerima perawatan akupuntur yang ditentukan secara individual, di mana tempat tusuk jarum disesuaikan dengan pasien.

DIDUKUNG OLEH:

Kelompok ketiga menjalani simulasi akupuntur, di mana seorang ahli akupuntur menggunakan tusuk gigi sebagai pengganti jarum. Tusuk gigi tidak menembus kulit, seperti pada perawatan akupuntur biasa, tetapi menargetkan titik akupuntur standar.

Kelompok keempat menerima “perawatan biasa” atau perawatan nyeri punggung yang lebih tradisional, termasuk terapi fisik dan pengobatan.

Selama 7 minggu pengobatan, keempat kelompok diizinkan menggunakan pengobatan konvensional untuk membantu mengontrol rasa sakit mereka. Misalnya, orang-orang dalam kelompok akupuntur yang disimulasikan masih dapat mengonsumsi aspirin selama penelitian.

Pada 8 minggu, para peneliti menemukan bahwa 60% dari pasien yang menjalani akupuntur aktual atau simulasi berfungsi lebih baik daripada sebelumnya, dibandingkan dengan 39% dari mereka yang menerima perawatan biasa. Untuk menentukan tingkat pereda nyeri, para peneliti memberikan kuesioner sebelum dan sesudah perawatan yang membantu mengukur tingkat nyeri yang dialami pasien, sumber spineuniverse.com.

BACA JUGA  Akupuntur Untuk Anjing, Bagaimana Kerjanya ?

Menariknya, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam manfaat penghilang rasa sakit dari akupuntur tradisional (menggunakan jarum) dibandingkan akupuntur simulasi (menggunakan tusuk gigi).

“Masih belum jelas apakah akupuntur atau metode akupuntur simulasi kami memberikan stimulasi fisiologis penting atau mewakili efek plasebo atau nonspesifik,” tulis para peneliti.

Akan tetapi, banyak memang pasien dengan nyeri punggung yang mendapatkan hasil baik dari perawatan akupuntur.