Akupuntur Untuk Nyeri Punggung Jauh Lebih Baik

Akupuntur Untuk Nyeri Punggung Jauh Lebih Baik – Temuan penelitian yang diterbitkan pada 11 Mei 2009, terbitan Archives of Internal Medicine ini merupakan bagian dari studi akupuntur dan nyeri punggung terbesar yang pernah dilakukan di AS.

Akupuntur Untuk Nyeri Punggung Jauh Lebih Baik

Sebanyak 638 pasien, semuanya menderita nyeri punggung bawah mekanis kronis, berpartisipasi dalam penelitian ini. Tim peneliti memisahkan peserta menjadi empat kelompok. Selama periode 7 minggu, mereka mengamati bagaimana perawatan akupuntur yang berbeda, bersama dengan perawatan umum, dibandingkan dalam mengurangi sakit punggung.

Satu kelompok menerima perawatan akupuntur standar, di mana ahli akupuntur memasukkan jarum ke titik-titik tertentu yang diketahui efektif dalam mengurangi nyeri punggung. Kelompok lain menerima perawatan akupuntur yang ditentukan secara individual, di mana tempat tusuk jarum disesuaikan dengan pasien.

Kelompok ketiga menjalani simulasi akupuntur, di mana seorang ahli akupuntur menggunakan tusuk gigi sebagai pengganti jarum. Tusuk gigi tidak menembus kulit, seperti pada perawatan akupuntur biasa, tetapi menargetkan titik akupuntur standar.

Kelompok keempat menerima “perawatan biasa” atau perawatan nyeri punggung yang lebih tradisional, termasuk terapi fisik dan pengobatan.

Selama 7 minggu pengobatan, keempat kelompok diizinkan menggunakan pengobatan konvensional untuk membantu mengontrol rasa sakit mereka. Misalnya, orang-orang dalam kelompok akupuntur yang disimulasikan masih dapat mengonsumsi aspirin selama penelitian.

Pada 8 minggu, para peneliti menemukan bahwa 60% dari pasien yang menjalani akupuntur aktual atau simulasi berfungsi lebih baik daripada sebelumnya, dibandingkan dengan 39% dari mereka yang menerima perawatan biasa. Untuk menentukan tingkat pereda nyeri, para peneliti memberikan kuesioner sebelum dan sesudah perawatan yang membantu mengukur tingkat nyeri yang dialami pasien, sumber spineuniverse.com.

BACA JUGA  Atasi Mulas Dengan Terapi Akupuntur Yang Aman

Menariknya, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam manfaat penghilang rasa sakit dari akupuntur tradisional (menggunakan jarum) dibandingkan akupuntur simulasi (menggunakan tusuk gigi).

“Masih belum jelas apakah akupuntur atau metode akupuntur simulasi kami memberikan stimulasi fisiologis penting atau mewakili efek plasebo atau nonspesifik,” tulis para peneliti.

Akan tetapi, banyak memang pasien dengan nyeri punggung yang mendapatkan hasil baik dari perawatan akupuntur.

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...