Varises terjadi karena adanya penumpukan darah di pembuluh darah vena. Akupuntur untuk obati varises dianggap cukup efektif untuk melancarkan darah yang menumpuk di area tersebut. Varises sendiri ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap yang tampak bengkak dan menonjol.

DIDUKUNG OLEH:

Penyebab dan Peran Akupuntur Obati Varises

Pembuluh darah vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke organ jantung dan di dalam pembuluh ini terdapat sebuah katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah.

Jika katup ini lemah atau rusak, darah akan berbalik arah dan terjadilah penumpukan darah di pembuluh vena yang akhirnya menyebabkan pembuluh vena melebar dan disebut dengan penyakit varises.

Penyakit ini bisa menimpa siapa saja, namun menurut sebuah penelitian, wanita lebih rentan terkena penyakit ini. Akupuntur bisa dijadikan salah satu pengobatan alternatif untuk mengobati penyakit ini. Berikut ini beberapa titik akupuntur untuk sembuhkan varises, yaitu :

a. Terletak 1 jari di atas titik tengah telapak kaki
b. 4 jari di atas mata kaki bagian dalam
c. 2 jari di bawah mata kaki bagian dalam
d. 4 jari di atas lipatan sendi lutut
e. Di bagian tengah betis
f. Di sendi lutut bagian dalam

Varises ringan masih bisa diatasi oleh diri sendiri dan jika penyakit ini disebabkan oleh kegemukan, Anda bisa mencoba menurunkan berat badan Anda untuk mengatasi penyakit ini.

Setelah mengetahui letak titik akupuntur yang ada di tubuh untuk atasi masalah ini, Anda bisa melakukan pijatan pada titik tersebut dengan tekanan sedang selama 1 menit di setiap titiknya.

Saat sedang memijat, hindari pijatan pada area yang terkena varises agar pembuluh vena tidak luka. Jika masalah ini sudah semakin parah, Anda bisa memeriksakannya ke dokter agar segera diatasi.

Cara Alami Atasi Varises

Di bawah ini beberapa bahan alami yang diklaim dapat sembuhkan varises, yaitu:

1. Minyak zaitun

Minyak ini bisa digunakan sebagai minyak pijat untuk memijat area yang terkena varises. Lakukan pijatan secara perlahan dengan menggunakan minyak zaitun.

2. Bawang putih

Campuran dari bawang putih yang sudah dihaluskan, perasan jeruk dan minyak zaitun dapat dijadikan sebagai obat oles untuk memijat area yang terkena varises. Setelah mengoleskannya, diamkan selama 15-20 menit lalu bersihkan.

3. Kubis

Kubis yang sudah dihaluskan dengan blender bisa dijadikan sebagai obat oles pada area yang terkena varises, lalu tutup dengan menggunakan kain bersih selama 2 jam sebelum dibersihkan dengan air hangat.

Itulah kegunaan akupuntur untuk obati varises dan bahan alami yang mudah didapatkan untuk mengatasi penyakit ini. Jika keluhan masih berlanjut, Anda bisa segera memeriksakannya ke dokter untuk segera diatasi.