Akupuntur untuk pecandu narkoba, bisakah diatasi? Menurut sebuah sumber, terapi asal Cina ini bisa digunakan sebagai pengobatan bagi para pecandu narkoba. Hal ini dibuktikan dari pengalaman seseorang saat mendapatkan kunjungan dari Cina.

Keefektifan Akupuntur Mengurangi Ketergantungan Narkoba

Seorang Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang menerima kunjungan delegasi Universitas Shanghai Tiongkok di Denpasar, Bali. Dari kunjungan tersebut, ia tertarik dengan akupuntur yang bisa mengurangi kecanduan narkoba.

Ia melihat para pecandu narkoba diobati dengan menggunakan akupuntur dan obat herbal Cina, dan cara tersebut berhasil. Karena ketertarikannya inilah, Bali menjadi ingin lebih mempelajari mengenai akupuntur dan TCM.

Bali juga memiliki tanaman obat yang dijadikan obat tradisional untuk berbagai macam penyakit berdasarkan kitab suci Ayurveda. Selain itu, pernyataan dari President Shanghai University of TCM, Jianguang Xu juga meyakinkan bahwa akupuntur memang bisa mengatasi masalah kecanduan narkoba.

Pengobatan akupuntur ini juga memang sudah digunakan di Cina sebagai upaya menurunkan efek kecanduan narkoba dan membantu rehabilitasi para pengguna narkoba tersebut.

Cara Lain Mengatasi Kecanduan Narkoba

Narkoba merupakan barang yang dilarang oleh pemerintah untuk digunakan maupun dikonsumsi. Jika seseorang diketahui menggunakan narkoba, pemerintah akan langsung menjatuhkan hukuman pada orang tersebut.

Efek dari narkoba sendiri menimbulkan kecanduan pada penggunanya dan biasanya orang yang sudah menggunakan narkoba akan sulit untuk melepaskan kebiasaannya ini.

Oleh karena itu, akupuntur bisa dijadikan cara alternatif atau cara tambahan untuk mendukung kesembuhan para pengguna narkoba. Adapula cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini, seperti:

– Pemeriksaan

Biasanya tidak hanya dilakukan oleh dokter, namun juga oleh ahli terapis. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kecanduan yang dialami oleh orang tersebut.

– Detoksifikasi

Diproses ini pengguna harus berhenti total menggunakan narkoba dan reaksi yang muncul akan cukup menyiksa.

– Stabilisasi

Tahapan ini bertujuan untuk pemulihan dalam jangka panjang dengan memberikan resep dari dokter.

– Pengelolaan aktivitas

Jika sudah berhasil direhabilitasi, pengguna narkoba yang sudah sembuh bisa keluar dan menjalankan aktivitas seperti biasanya. Dukungan orang terdekat sangat penting pada kasus ini.

Manfaat akupuntur untuk pecandu narkoba dikatakan cukup berhasil karena bisa mengurangi efek kecanduan yang dialami. Selain itu, akupuntur juga mendukung proses rehabilitasi pada para pengguna narkoba tersebut.