Apa itu psoriasis? Penyakit ini terjadi pada kulit yang mengalami peradangan dan akupuntur untuk psoriasis bisa dijadikan salah satu alternatif pengobatan yang bisa dicoba untuk atasi masalah ini.

DIDUKUNG OLEH:

Fungsi Akupuntur Untuk Psoriasis

Penyakit radang pada kulit ini ditandai dengan adanya ruam merah pada kulit, kulit yang kering, tebal dan bersisik serta mudah terkelupas. Ketika penyakit ini muncul, terkadang disertai dengan rasa gatal dan nyeri pada area kulit yang mengalami radang.

Psoriasis biasanya muncul pada area siku, lutut, punggung bawah dan kulit kepala. Setiap orang bisa terkena penyakit ini dan umumnya terjadi pada usia 15 sampai 35 tahun.
Penyebab dari penyakit ini diduga karena adanya masalah pada kekebalan tubuh dan keturunan.

Beberapa faktor yang diduga menyebabkan penyakit ini muncul adalah karena stres, cuaca dingin atau infeksi tenggorokan. Berdasarkan penelitian, akupuntur bisa menjadi saran pengobatan untuk mengatasi masalah ini.

Mengapa demikian? Karena akupuntur memiliki manfaat untuk meredakan stres yang diduga memicu timbulnya penyakit ini. Selain meredakan stres penyebab penyakit ini, akupuntur juga dapat meredakan rasa sakit yang timbul akibat dari psoriasis arthritis.

Berdasarkan penelitian di tahun 1992, seseorang yang melakukan terapi akupuntur mengalami pengurangan bercak pada penyakit ini. Efektifitas akupuntur untuk atasi masalah ini sebesar 91,3% dan dikuatkan lagi dengan hasil dari penelitian lainnya yang menyebutkan bahwa akupuntur bisa meredakan penyakit yang timbul dalam diri pasien.

Pengobatan Lain Untuk Atasi Psoriasis

Gejala yang timbul pada seseorang berbeda-beda dan dapat hilang juga timbul. Dokter biasanya akan mengecek ruam kulit yang muncul dan jika dibutuhkan, diperlukan adanya pengambilan sampel untuk bisa memastikan penyakit yang diderita.

Pengobatan pada masalah ini pun berbeda-beda penanganannya, tergantung dari kondisi yang dialami oleh pasien. Orang yang mengalami penyakit ini bisa mencoba melakukan pengobatan akupuntur dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter.

Alternatif pengobatan lainnya adalah dengan memeriksakannya ke rumah sakit dan diatasi dengan obat oles, obat suntik, obat tablet atau terapi khusus dengan menggunakan sinar ultraviolet.

Akupuntur untuk psoriasis memiliki manfaat yang baik dalam mengatasi gejala yang muncul. Selain mengatasi bercak yang timbul, pasien juga akan mendapatkan sensasi rileks saat terapi dilakukan dengan ahlinya.