Dasyatnya Jaripunktur: Alat Akupuntur Tanpa Jarum

Pengobatan akupuntur identik dengan pengobatan tradisional yang dilakukan menggunakan jarum yang tipis dan tajam, namun seiring berkembangnya zaman munculah alat akupuntur tanpa jarum.

Apa Itu Jaripunktur?

Istilah “Jaripunktur” merupakan cabang ilmu pengobatan tradisional dari Cina yang berfokus pada jari tangan dan kaki. Berikut ini penjelasan mengenai alat akupuntur tanpa jarum yang sudah tersebar dikalangan masyarakat.

Pengobatan akupuntur tidak hanya melibatkan jarum tajam nan tipis di dalamnya, namun pengobatan ini juga bisa dilakukan dengan alat selain jarum, yaitu :

1. Jaripuntur

Meridian antar organ dapat membentuk suatu keseimbangan yang dipengaruhi oleh hubungan dari satu jari menuju jari lainnya dan membentuk suatu kesatuan.

Teknik pijatannya dibagi menjadi 3 macam yaitu ringan, sedang dan keras dan dalam pemijatan tersebut tidak melibatkan alat apapun karena menggunakan tangan terapis. Manfaat dari Jaripunktur:

  • Menyingkirkan sumbatan energi dan lelah;
  • Melancarkan aliran darah;
  • Menghilangkan ketegangan otot dan nyeri di jari-jari.

2. Akupuntur Elektro

Akupuntur jenis ini masih menggunakan jarum, namun dalam penggunaannya melibatkan sebuah mesin yang terhubung ke bagian atas jarum. Jarum yang teraliri listrik ini membuat pasien merasakan sensasi ringan dan kesemutan namun akupuntur jenis ini tidak cocok untuk semua pasien.

3. Magnet

Alat akupuntur tanpa jarum selanjutnya adalah menggunakan peran sebuah magnet di dalamnya. Sebuah magnet kecil ditempatkan di atas titik akupuntur atau disimpan dengan menggunakan sebuah pita elastis.

Magnet yang digunakan dalam pengobatan ini bisa ditemukan di apotek dan efektif dalam mengobati seseorang yang sering mual di pagi hari dan mabuk perjalanan.

4. Moksibusi

Alat akupuntur yang selanjutnya adalah jarum yang dibubuhkan ramuan khusus. Ramuan ini memberikan efek hangat pada jarum tersebut dan area tubuh. Manfaat dari akupuntur jenis ini adalah mengobati rasa dingin.

BACA JUGA  Inilah 4 Titik Akupuntur Impotensi yang Perlu Anda Ketahui

5. Bekam

Jenis pengobatan ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat dan banyak di minati. Alat akupuntur yang digunakan adalah sebuah gelas atau gelas bambu yang digunakan bersamaan dengan jarum akupuntur.

Gelas yang telah di panaskan dengan cepat ditempatkan ke area yang di inginkan, vakum di dalam gelas tersebut menyebabkan efek isap dan menempel di kulit. Jika menggunakan bekam, area tubuh yang telah di bekam akan berubah warna seperti memar dan biasanya di aplikasikan ke area yang mudah tertutup.

Nah, itulah beberapa jenis alat akupuntur tanpa jarum yang telah di kenal oleh masyarakat. Akupuntur tidak hanya menggunakan sebuah jarum saja, namun terdapat tambahan hal lain seperti ramuan, ataupun tanpa menggunakan jarum dan sebuah gelas. Tujuan akupuntur di atas masih sama yaitu untuk meredakan nyeri pada tubuh.

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...