Alternatif Pengobatan Gangguan Jiwa Dengan Akupuntur

Berdasarkan data dinkes, masyarakat kota besar cenderung lebih banyak mengalami masalah gangguan jiwa. Alternatif pengobatan gangguan jiwa yang bisa ditempuh bermacam-macam, dan salah satunya ialah menggunakan akupuntur.

Alternatif Pengobatan Gangguan Jiwa

Menurut Dinkes DKI Jakarta, sekitar 20% masyarakat ibukota mengalami masalah gangguan kejiwaan atau gangguan mental. Hal ini bisa timbul karena berbagai kondisi.

Mengidap gangguan jiwa tidak selalu diartikan bahwa orang yang mengalaminya gila, terdapat berbagai jenis gangguan jiwa yang biasa dialami oleh penduduk kota besar.

Masalah gangguan jiwa yang dialami oleh sebagian masyarakat kota besar di dunia biasanya terjadi karena tekanan pekerjaan, stres karena masalah rumah tangga ataupun gaya hidup.

Terapi akupuntur diklaim bisa mengatasi masalah gangguan mental yang biasa terjadi pada setiap orang. Terapi ini telah terbukti ampuh dalam hal mengobati masalah kesehatan dan juga masalah mental.

Bahkan, salah satu praktisi akupuntur asal Indonesia, Sony Ambudi mengatakan bahwa terapi akupuntur untuk atasi masalah gangguan jiwa termasuk revolusioner.

Mengapa demikian? Karena terapi akupuntur ditemukan dan diperkenalkan di era masyarakat yang sangat percaya akan takhayul. Sun Si Miao merupakan seorang tabib kerajaan yang menemukan formula rahasia akupuntur untuk atasi masalah ini.

Titik terapi akupuntur untuk atasi masalah gangguan jiwa ini disebut juga sebagai kombinasi 13 titik setan. Para ahli akupuntur pun mulai menggunakan formula rahasia ini, namun metode ini belum banyak dikenal di Indonesia.

Terapi akupuntur juga memberikan efek relaksasi pada pasien, hal ini bisa membuat tubuh menjadi lebih tenang dan masalah stres yang bisa memicu gangguan mental yang lebih serius menjadi hilang.

Sony pernah mengatasi masalah pasien yang mengalami keluhan murung di setiap pagi. Setelah melakukan terapi akupuntur, pasien tersebut mengalami perubahan.

BACA JUGA  Buaya Albino yang Diberi Pengobatan Akupuntur

Metode pengobatan tradisional Cina juga menjelaskan bahwa setiap organ selalu berhubungan, contohnya organ ginjal mengelola perasaan takut, liver mengelola perasaan marah, limpa mengelola perasaan cemas dan murung.

Organ terpenting yaitu jantung juga mempunyai tugasnya, yakni mengelola perasaan sedih dan paru-paru mengelola perasaan kehilangan atau berduka. Jadi, organ-organ tersebut sangatlah penting untuk dijaga agar bisa berjalan dengan baik.

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...