Aman dari EG dan DEG, Obat Herbal Ini Bisa Jadi Pilihan Redakan Demam Anak

Meningkatnya kasus gagal ginjal akut pada anak yang disebabkan kandungan Etilen Glikol (EG) serta Dietilen Glikol (DEG) yang melebihi batas aman pada obat-obatan tentu membuat para orangtua was-was.

Tak hanya itu, panjangnya daftar obat yang mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol (DEG) yang melebihi batas aman, membuat orangtua gelisah dan harus berfikir keras saat anaknya dilanda demam.

Dalam kondisi ini, obat herbal bisa menjadi salah satu pilihan bagi para orangtua untuk mengobati anaknya. Yang mana lebih aman dan tidak memicu gagal ginjal akut.

Seroang Praktisi Pengobatan Alternatif dan Herbal di Medan, Agus Purwadi mengatakan, madu bisa menjadi obat herbal untuk obati anak yang menderita demam.

“Untuk anak-anak bisa pakai madu. Tapi madunya difermentasi, tambah jahe, bawang putih tinggal, bawang merah, atau bisa ditambah ginseng,” jelas Agus kepada YakinSehat.id, saat dihubungi via selularnya, Rabu (9/11/2022).

Madu yang sudah difermentasi dan tambahan komposisi beberapa bahan-bahan lainnya, timpal Agus, cukup ampuh untuk atasi demam pada anak.

“Untuk madunya usahakan madu murni yang diambil dari sarangnya. Karena beda suhu panasnya dengan madu yang banyak dijual di toko-toko,” ujarnya.

Dia menambahkan, madu setelah difermentasi dan ditambah dengan bahan-bahan lainnya akan terasa panas ke tubuh. Selain itu, madu sifatnya netral ketubuh manusia.

“Itulah istimewanya madu ini. Beda dia dengan jenis minuman alami lain,” imbuh Agus.

Sirih & Kunyit sebagai Herbal Alternatif atasi Demam Anak

Cara lainnya untuk mengatasi anak yang demam tanpa harus khawatir anak alami gagal ginjal akut yakni dengan gunakan sirih.

Yang mana sirih dioleskan ke tubuh bagian dada. Sirih yang digunakan ditambahkan dengan vicks atau yang mengandung mentol.

BACA JUGA  3 Titik Terapi Akupuntur Untuk Nyeri Leher

“Sirihnya dipanggang sikit terus dikasi vicks. Selain untuk anak-anak dewasa juga bisa. Kalau herbal itu kan kelebihannya semua kalangan itu aman,” bebernya.

Agus yang telah menggeluti pengobatan alternatif dan herbal sejak 2013 ini juga menjelaskan bahwa pada obat herbal itu harus diperhatikan juga sifat bahan yang digunakan.

“Jadi obat herbal punya sifat, karakter jenis,” tambahnya mengakhiri.

Dihubungi terpisah, Saptari Wibowo yang juga berkecimpung di pengobatan herbal dan alternatif mengatakan bahwa, kunyit dipadukan dengan beberapa bahan juga dapat digunakan sebagai pereda demam.

“Kunyit itu mengandung zat curcumene dan banyak lagi kandungan di dalamnya. Berangkat dari keyakinan pengobatan tradisional, kunyit yang juga mengandung anti oksidan banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Kunyit juga bisa juga meredakan panas,” jelas Saptari Wibowo.

Kunyit juga bisa dibuat untuk minuman dengan direbus ditambah dengan sereh, air, serta gula merah.

“Ada juga diparut, kemudian parutan itu digodok. Secara turun temurun keluarga memakai kunyit Untuk kunyit sdh banyak studinya,” pungkasnya. [bw]

TERBARU

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang,...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia....

Ingin Jajal Terapi Jarum Akupuntur? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dikenal selama...

Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Tanaman Gandarusa adalah sejenis tanaman perdu dengan karakter daun...

Membuat Jus Tak Perlu Cara Khusus

Mengonsumsi buah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat. Mulai...

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi senior Akupuntur dan TCM, Prof. Sim Kie Jie untuk menulis buku Ilmu Penyakit Menular Bersifat...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan istilah hiperglikemia, istilah ini juga sering dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Benar bahwa kamu tidak...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang, brokoli hampir selalu ada di dalam makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Meskipun banyak yang tidak...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang wajar, justru hal tersebut merupakan suatu sinyal yang menunjukkan kalau kamu kurang asupan makanan, jarang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal dan rasa kaku pada tubuh adalah pijat refleksi. Dilansir dari Wikipedia.org, pijat refleksi merupakan ilmu...