Ampuh! Begini Cara Meredahkan Sakit Gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh beberapa hal. Umumnya, karena kurang merawat kesehatan gigi. Gejala yang dirasakan adalah rasa nyeri disekitar mulut, seperti gigi dan gusi. Namun, jika sudah parah sakit gigi juga bisa membuat kepala menjadi nyut-nyutan dan telingga seperti berdenging. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara meredahkan sakit gigi.

Nah, cara-cara tersebut bisa sobat sehat simak pada penjelasan di bawah ini.

Cara Meredahkan Sakit Gigi

Untuk meminimalisir rasa nyeri saat sakit gigi ada beberapa cara. Sobat sehat bisa menggunakan cara alami dan juga cara instan.

  1. Cara Alami

Cara alami ini adalah cara-cara yang dilakukan menggunakan bahan-bahan atau rempah-rempah alami untuk mengatasi sakit gigi. Bahan-bahan tersebut misalnya:

  • Minyak Cengkeh

Bahan ini dipercaya mampu meredahkan nyeri saat sakit gigi secara ampuh. Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi caranya cukup sederhana. Mula-mula siapkan satu tetes minyak cengkeh dan satu sendok minyak zaitun.

Kemudian campurkan. Setelah itu ambil bola kapas, celupkan ke dalam campuran minyak cengkeh dan zaitun kemudian ambil dan tempelkan pada gigi yang sakit. Agar dapat menempel dengan sempurna ada baiknya untuk menggigitnya.

  • Garam

Cara kedua untuk meredahkan sakit gigi bisa menggunakan garam. Caranya cukup mudah. Campurkan setengah sendok garam ke dalam satu gelas air putih kemudian aduk hingga larut. Setelah itu dilanjut dengan berkumur menggunakan air garam tersebut.

  • Bawang Putih

Bawang putih memang dipercaya memiliki banyak kasiat termasuk untuk meredahkan nyeri saat sakit gigi. Caranya bagaimana? Siapkan satu siung bawang putih, kupas kemudian belah menjadi dua. Setelah itu letakan pada gigi yang sakit dan kunyah.

Seperti yang diketahui bahwa bawang putih mengandung antibakteri. Kandungan ini dapat mematikan bakteri di gigi. Sehingga rasa nyeri pun menjadi berkurang.

  • Kompres Menggunakan Es Batu

Umumnya, sakit gigi akan menimbulkan pembengkakan pada bagian yang sakit. Nah, dengan menggunakan es batu maka pembengkakan tersebut dapat diredah. Caranya cukup mudah hampir sama dengan mengopres suhu badan.

BACA JUGA  Konsep Akupuntur dalam Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan

Mula-mula, siapkan  es batu kemudian lapisi es batu dengan handuk. Terakhir kompres pada bagian yang bengkak kurang lebih selama 20 menit.

  1. Cara Instan

Cara ini adalah cara dengan menggunakan obat-obat sakit gigi yang sudah tersedia di apotek, seperti Aspirin, Antalgin dan Ibuprofen.

Itulah tadi beberapa cara meredahkan sakit gigi. Selalu perhatikan dan rawat kesehatan gigi agar terhindar dari yang namanya sakit gigi. Terakhir semoga artiel ini bisa bermanfaat bagi sobat sehat semua.

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....