Ampuh! Begini Cara Meredahkan Sakit Gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh beberapa hal. Umumnya, karena kurang merawat kesehatan gigi. Gejala yang dirasakan adalah rasa nyeri disekitar mulut, seperti gigi dan gusi. Namun, jika sudah parah sakit gigi juga bisa membuat kepala menjadi nyut-nyutan dan telingga seperti berdenging. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara meredahkan sakit gigi.

Nah, cara-cara tersebut bisa sobat sehat simak pada penjelasan di bawah ini.

Cara Meredahkan Sakit Gigi

Untuk meminimalisir rasa nyeri saat sakit gigi ada beberapa cara. Sobat sehat bisa menggunakan cara alami dan juga cara instan.

  1. Cara Alami

Cara alami ini adalah cara-cara yang dilakukan menggunakan bahan-bahan atau rempah-rempah alami untuk mengatasi sakit gigi. Bahan-bahan tersebut misalnya:

- Advertisement -
  • Minyak Cengkeh

Bahan ini dipercaya mampu meredahkan nyeri saat sakit gigi secara ampuh. Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi caranya cukup sederhana. Mula-mula siapkan satu tetes minyak cengkeh dan satu sendok minyak zaitun.

Kemudian campurkan. Setelah itu ambil bola kapas, celupkan ke dalam campuran minyak cengkeh dan zaitun kemudian ambil dan tempelkan pada gigi yang sakit. Agar dapat menempel dengan sempurna ada baiknya untuk menggigitnya.

  • Garam

Cara kedua untuk meredahkan sakit gigi bisa menggunakan garam. Caranya cukup mudah. Campurkan setengah sendok garam ke dalam satu gelas air putih kemudian aduk hingga larut. Setelah itu dilanjut dengan berkumur menggunakan air garam tersebut.

  • Bawang Putih

Bawang putih memang dipercaya memiliki banyak kasiat termasuk untuk meredahkan nyeri saat sakit gigi. Caranya bagaimana? Siapkan satu siung bawang putih, kupas kemudian belah menjadi dua. Setelah itu letakan pada gigi yang sakit dan kunyah.

Seperti yang diketahui bahwa bawang putih mengandung antibakteri. Kandungan ini dapat mematikan bakteri di gigi. Sehingga rasa nyeri pun menjadi berkurang.

  • Kompres Menggunakan Es Batu

Umumnya, sakit gigi akan menimbulkan pembengkakan pada bagian yang sakit. Nah, dengan menggunakan es batu maka pembengkakan tersebut dapat diredah. Caranya cukup mudah hampir sama dengan mengopres suhu badan.

BACA JUGA  Tips Menyegarkan Mata Dengan Bantuan Akupresur

Mula-mula, siapkan  es batu kemudian lapisi es batu dengan handuk. Terakhir kompres pada bagian yang bengkak kurang lebih selama 20 menit.

  1. Cara Instan

Cara ini adalah cara dengan menggunakan obat-obat sakit gigi yang sudah tersedia di apotek, seperti Aspirin, Antalgin dan Ibuprofen.

Itulah tadi beberapa cara meredahkan sakit gigi. Selalu perhatikan dan rawat kesehatan gigi agar terhindar dari yang namanya sakit gigi. Terakhir semoga artiel ini bisa bermanfaat bagi sobat sehat semua.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...