Angela Louise Radetiya Andalkan Akupuntur Untuk Atasi Cedera

Sebagai atlet yang mengikuti berbabagi kompetisi, Angela Louise Radetiya pun pernah mengalami cedera.

Namun sebagai atlet, cedera bukan alasan bagi atlet kelahiran Yogyakarta 26 Oktober 2000 ini untuk tidak berusaha dan berhenti berlatih.

Angela Louise Radetiya memiliki kiat sendiri agar tidak lama-lama didera cedera. Terapi tusuk jarum atau akupuntur menjadi andalannya untuk mengatasi cedera yang dialaminya.

Kekuatan Akupuntur Untuk Cedera Atlet Olahraga

Bagi yang belum mengetahuinya, akupuntur adalah pengobatan yang menggunakan jarum steril sekali pakai yang ditusukkan pada bagian tubuh tertentu untuk mengobati penyakit tertentu. Selain itu, akupuntur juga dikenal menawarkan manfaat khusus termasuk:

1. Pertolongan dari Rasa Sakit

Memasukkan jarum terapi pada titik-titik tertentu termasuk otot yang cedera merangsang tubuh untuk memproduksi bahan kimia pereda nyeri. Ini termasuk otak, sumsum tulang belakang dan lokasi trauma.

Bahan kimia ini disebut endorfin dan opioid. Ketika dilepaskan, mereka akan menyebabkan saluran umpan balik memblokir sinyal sensorik dari sumber rasa sakit ke otak. Akibatnya, ini mengurangi tingkat rasa sakit yang dirasakan otak.

2. Pengurangan Peradangan

Mikrotrauma yang dihasilkan oleh penyisipan jarum merangsang tubuh untuk melepaskan bahan kimia yang menyebabkan pembuluh darah melebar (vasodilatasi untuk meningkatkan aliran bahan kimia melalui itu.

Ini adalah respon anti-inflamasi alami yang menghilangkan mediator inflamasi dari lokasi cedera. dan merangsang sekresi mediator penyembuhan.

3. Mengatasi Otot Tegang

Selain kemampuannya untuk mengaktifkan mekanisme tubuh untuk melawan peradangan dan menghilangkan rasa sakit, akupuntur juga mampu mengendurkan otot yang tegang atau titik pemicu. Ini adalah bintik-bintik yang berkembang ketika sejumlah serat otot berkontraksi berlebihan di satu wilayah.

Menerapkan akupuntur di titik pemicu menyebabkan serat otot yang berkontraksi menjadi rileks. Ini akan menghasilkan peningkatan aliran darah dan pengiriman oksigen yang efisien dan nutrisi yang memberi kehidupan ke sel-sel dalam tubuh. Ini mengurangi aktivitas listrik otot yang berkontraksi dan memungkinkan mereka untuk rileks.

BACA JUGA  Akupuntur Sembuhkan Asma Seperti Harden

4. Akupuntur untuk Cedera Olahraga

Dengan kemampuannya untuk memberikan manfaat yang telah kita diskusikan, akupuntur memiliki potensi besar untuk mempercepat rehabilitasi atlet yang cedera dan kembali berlatih.

Kemampuannya untuk memodulasi rasa sakit dan mengurangi peradangan tentu akan memberikan kesempatan bagi atlet yang cedera untuk melanjutkan pengkondisian fisik dan pelatihan lebih awal, sumber marchandacu.com.

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...