Antara Akupuntur dan Akupresur Lebih Baik Mana? – Akupuntur dan akupresur pada dasarnya adalah metode pengobatan berdasarkan teori Pengobatan Tradisional Cina (TCM) yang sama dan garis dan titik meridian energi. Keduanya melibatkan stimulasi titik-titik akupuntur pada tubuh untuk mengobati penyakit dan menyeimbangkan unsur-unsur dalam tubuh.

Namun, akupuntur menggunakan penyisipan jarum ke titik akupuntur sebagai mode stimulasi sementara akupresur melibatkan penggunaan jari, buku jari atau sendi tubuh untuk merangsang titik. Oleh karena itu mereka adalah dua metode yang bertujuan untuk hasil yang sama dalam memperbaiki kondisi tubuh.

Antara Akupuntur dan Akupresur Lebih Baik Mana?

Kedalaman stimulasi

DIDUKUNG OLEH:

Dengan akupuntur, stimulasi penyisipan jarum jauh lebih kuat karena jarum menembus kulit untuk mencapai lebih dalam ke titik akupuntur. Karena titik akupuntur juga dikenal sebagai ‘pusaran energi’, terkadang inti pusaran energi bisa agak dalam tergantung pada bagian tubuh.

Misalnya, untuk area bokong atau glutes, titik akupuntur di sana bisa memiliki kedalaman bahkan lebih dari 3 inci. Oleh karena itu, beberapa jarum ukurannya lebih dari 3 inci sehingga rangsangannya bisa dalam dan tepat sasaran, secara harfiah.

Tetapi begitu jarumnya masuk jauh ke dalam dan dengan keterampilan dan teknik yang tepat dari dokter TCM, titik akupuntur dapat berubah dan energi dapat berubah sesuai dengan itu.

Dengan akupresur, tidak ada penusukan kulit ke otot dan pusat energi yang lebih dalam seperti pada akupuntur. Sebaliknya, seperti istilahnya, tekanan diberikan untuk memberikan stimulasi pada titik akupuntur.

Tekanan dapat diberikan melalui penggunaan jari, buku-buku jari, sendi tubuh terutama siku. Oleh karena itu, tidak peduli seberapa keras seseorang mengerahkan kekuatan pada titik akupuntur, tingkat tekanan terdalam bisa maksimal hanya 1 inci dan mungkin sedikit lebih.

BACA JUGA  Manfaat Akupuntur Dapat Mengatasi Kejang Efek Kokain

Aksesibilitas metode pengobatan

Hanya dokter atau ahli akupuntur TCM yang berkualifikasi yang dapat melakukan akupuntur karena memerlukan pelatihan bertahun-tahun untuk tidak hanya memasukkan jarum tetapi juga memasukkan pada titik yang tepat dan dengan jenis stimulasi yang tepat. Semua orang bisa melakukan akupresur, berkualifikasi atau tidak. Bagaimana menurut Anda, mana pengobatan yang lebih baik ?