Sebagian masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu teknik pengobatan tradisional ini. Untuk mengingatkan kembali, kita akan membahas mengenai apa itu akupuntur? Dan berasal dari manakah metode pengobatan akupuntur itu?

DIDUKUNG OLEH:

Akupuntur atau lazim disebut ilmu tusuk jarum adalah salah satu metode pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok. Pengobatan akupuntur biasanya menggunakan jarum yang tipis dan tajam, lalu jarum tersebut ditusukkan ke area tertentu yang ada di tubuh. Konon katanya pengobatan akupuntur ini bertujuan untuk mengaktifkan aliran chi yang biasa disebut meridian.

Pengobatan tradisional akupuntur ini telah dilakukan secara turun temurun selama 2500 tahun di Negeri Tirai Bambu itu. Meskipun pengobatan akupuntur belum teruji secara ilmiah, sebagian orang telah percaya bahwa metode pengobatan kuno ini dapat menyembuhkan penyakit dan mengobati rasa nyeri.

Para ahli akupuntur ini biasanya tidak memiliki gelar dokter dan umumnya metode pengobatan akupuntur ini bisa mengurangi nyeri seperti nyeri otot, kram karena menstruasi, nyeri punggung bagian bawah, nyeri gigi dan nyeri bekas persalinan.

Tusuk jarum pada metode pangobatan ini dapat juga untuk proses rehabilitasi stroke bahkan bagi pecandu narkoba. Tusuk jarum ini dapat membantu mengatasi gejala yang muncul setelah mereka memutuskan berhenti mengkonsumsi narkoba.

Bagaimana Cara Pengobatan Akupuntur?

Ahli akupuntur akan mensterilkan jarum terlebih dahulu, lalu jarum tersebut akan ditusukkan ke dalam 14 area tubuh. Jarum yang ditusukkan tersebut hanya sebatas di bawah kulit dan tidak sampai masuk ke dalam timbunan lemak yang ada di bawah kulit.

Pengobatan akupuntur ini harus dilakukan oleh ahlinya dan telah memiliki izin. Jadi, tidak sembarang orang yang bisa melakukan pengobatan tersebut.

Apa manfaat akupuntur?

Setelah diteliti ternyata metode pengobatan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan. Teknik menusukkan jarum pada tubuh ini dapat merangsang syaraf otot dasar manusia dan ada juga yang mengatakan berguna bagi kesehatan otak manusia. Akupuntur juga bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti radang sendi, asma, nyeri, dan lain-lain.

Jadi, mengenai apa itu akupuntur bisa disimpulkan bahwa, akupuntur adalah pengobatan tradisional dengan cara menusukkan jarum tipis dan tajam ke beberapa area tubuh untuk mengobati penyakit yang sedang di alami oleh manusia.

Semoga pembahasan mengenai apa itu akupuntur ini dapat menambah wawasan kita dan juga semakin paham bahwa pengobatan akupuntur ini harus dilakukan oleh ahlinya.