Apa Itu Akupuntur?

Sebagian masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu teknik pengobatan tradisional ini. Untuk mengingatkan kembali, kita akan membahas mengenai apa itu akupuntur? Dan berasal dari manakah metode pengobatan akupuntur itu?

Akupuntur atau lazim disebut ilmu tusuk jarum adalah salah satu metode pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok. Pengobatan akupuntur biasanya menggunakan jarum yang tipis dan tajam, lalu jarum tersebut ditusukkan ke area tertentu yang ada di tubuh. Konon katanya pengobatan akupuntur ini bertujuan untuk mengaktifkan aliran chi yang biasa disebut meridian.

Pengobatan tradisional akupuntur ini telah dilakukan secara turun temurun selama 2500 tahun di Negeri Tirai Bambu itu. Meskipun pengobatan akupuntur belum teruji secara ilmiah, sebagian orang telah percaya bahwa metode pengobatan kuno ini dapat menyembuhkan penyakit dan mengobati rasa nyeri.

Para ahli akupuntur ini biasanya tidak memiliki gelar dokter dan umumnya metode pengobatan akupuntur ini bisa mengurangi nyeri seperti nyeri otot, kram karena menstruasi, nyeri punggung bagian bawah, nyeri gigi dan nyeri bekas persalinan.

Tusuk jarum pada metode pangobatan ini dapat juga untuk proses rehabilitasi stroke bahkan bagi pecandu narkoba. Tusuk jarum ini dapat membantu mengatasi gejala yang muncul setelah mereka memutuskan berhenti mengkonsumsi narkoba.

Bagaimana Cara Pengobatan Akupuntur?

Ahli akupuntur akan mensterilkan jarum terlebih dahulu, lalu jarum tersebut akan ditusukkan ke dalam 14 area tubuh. Jarum yang ditusukkan tersebut hanya sebatas di bawah kulit dan tidak sampai masuk ke dalam timbunan lemak yang ada di bawah kulit.

Pengobatan akupuntur ini harus dilakukan oleh ahlinya dan telah memiliki izin. Jadi, tidak sembarang orang yang bisa melakukan pengobatan tersebut.

BACA JUGA  Peran Akupuntur Di Dunia Olahraga, Pentingkah?

Apa manfaat akupuntur?

Setelah diteliti ternyata metode pengobatan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan. Teknik menusukkan jarum pada tubuh ini dapat merangsang syaraf otot dasar manusia dan ada juga yang mengatakan berguna bagi kesehatan otak manusia. Akupuntur juga bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti radang sendi, asma, nyeri, dan lain-lain.

Jadi, mengenai apa itu akupuntur bisa disimpulkan bahwa, akupuntur adalah pengobatan tradisional dengan cara menusukkan jarum tipis dan tajam ke beberapa area tubuh untuk mengobati penyakit yang sedang di alami oleh manusia.

Semoga pembahasan mengenai apa itu akupuntur ini dapat menambah wawasan kita dan juga semakin paham bahwa pengobatan akupuntur ini harus dilakukan oleh ahlinya.

TERBARU

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...