Apa itu Qi dalam Perspektif Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM)?

Pengobatan Tradisional Tiongkok (Traditional Chinese Medicine) atau TCM, pada dasarnya memandang bahwa tubuh seseorang terdiri dari banyak jenis Qi (dibaca Chi) atau energi yang berbeda.

Melansir Acu Wellness Clinic, Jenis Qi yang berbeda ini memiliki fungsi fisiologis spesifik di dalam tubuh. Salah satu jenis Qi terpenting adalah Wei Qi (卫气), yang mewakili sistem kekebalan tubuh dalam TCM.

Wei Qi adalah kekuatan alami tubuh untuk melawan patogen seperti virus dan bakteri. Wei Qi berada di antara kulit dan otot, dan merupakan garis pertahanan pertama melawan penyakit setelah kulit.

Wei Qi juga mengendalikan pembukaan dan penutupan pori-pori, sehingga keringat yang muncul spontan adalah tanda kelemahan Wei Qi. Saat Wei Qi tidak cukup kuat, tubuh menjadi tidak bisa melawan patogen luar dan akhirnya membuat seseorang jatuh sakit.

Ketidakseimbangan energi dalam tubuh dapat menyebabkan Wei Qi melemah. Hal ini terjadi ketika aliran Qi di seluruh tubuh terganggu akibat stres, ketegangan mental, atau pola diet yang buruk. Jika energi pencernaan menjadi lemah, maka nutrisi gagal diangkut ke seluruh tubuh dan menyebabkan tubuh kekurangan Wei Qi.

Paru-paru juga dapat mengendalikan Wei Qi, jadi saat Qi paru-paru lemah, Wei Qi secara otomatis melemah. Qi dalam paru-paru melemah disebabkan oleh terlalu banyak berbicara, bersedih, menghirup polusi, penyakit, atau alergi. Sehingga, kita tidak dapat mengubah napas kita secara efektif ke dalam aliran Qi.

Dalam buku “Materia Medica & Resep Kedokteran Tradisional Cina“, Dr. med. Udayana Gendo dan Andy Savero menjelaskan bahwa penyakit terjadi akibat adanya serangan faktor patogen dari lingkungan luar dan gangguan keseimbangan Yin-Yang organ tubuh.

BACA JUGA  Mengenal Terapi Air Panas Balneoterapi, Bisa Dijajal di Lau Debuk-debuk - Karo

“Obat-obatan Cina berdaya meredakan faktor patogen dari luar, memulihkan keseimbangan Yin-Yang, dan menyembuhkan penyakit. Berbagai obat Cina bersifat racun, dosisnya harus diperhatikan dengan seksama,” terang kedua penulis.

Mereka juga menjabarkan empat sifat Qi, yakni dingin, panas, hangat dan sejuk. Sifat panas dan hangat tergolong Yang. Sifat dingin dan sejuk tergolong Yi. Kecuali sifat-sifat tersebut masih ada sifat netral.

* Obat yang dingin atau sejuk berefek menurunkan panas tubuh dan meredakan sindrom panas, atau sindrom Yang

* Obat yang panas atau hangat berefek menghangatkan tubuh dan meredakan sindrom dingin atau sindrom Yi

Kiat Menjaga Wei Qi Sehat dan Kuat

Dikutip dari laman Bolong.id, cara untuk membuat Wei Qi sehat dan kuat adalah makan dengan benar sehingga nutrisi dapat berubah menjadi Qi yang berguna bagi energi pencernaan kita. Qi ini disempurnakan dan sebagian dari itu berubah menjadi Wei Qi.

Jika kita tidak makan dengan benar, energi pencernaan tidak akan dapat menarik komponen yang diperlukan dari makanan untuk membuat Wei Qi yang efisien dan kuat.

Oleh sebab itu, penting untuk membatasi makanan olahan dan makan makanan sehat tepat waktu setiap hari. Selain itu, penting juga untuk menjaga kesehatan paru-paru. Cobalah untuk menghabiskan setidaknya 10 menit setiap hari di luar ruangan untuk menghirup udara segar yang baik bagi paru-paru. Kamu bisa melakukannya dengan berjalan-jalan, atau berdiri di teras dan melihat hujan.

Selanjutnya adalah tidur yang cukup untuk membuat Wei Qi sehat dan kuat. Tubuh kita mengisi banyak energi saat tidur. Jika tidak cukup tidur dan beberapa energi internal tubuh lemah, Wei Qi harus bekerja keras untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini tidak baik dan dapat menyebabkan Wei Qi melemah.

BACA JUGA  Akupuntur Baik Untuk Efek Samping Kemoradiasi

Cara lain untuk menyehatkan Wei Qi adalah dengan akupunktur. Terdapat titik-titik khusus pada tubuh yang membantu Wei Qi untuk mencegah penyakit. Akupunktur juga dapat memperkuat sistem energi tubuh yang lain selain Wei Qi. [AB]

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...