Awal tahun 2020 dunia sudah dikejutkan dengan kabar menyedihkan dari WHO bahwa adanya wabah yang mirip flu telah menjangkit wilayah Wuhan di China. Wabah tersebut diketahui hasil dari pemeriksaan pasien pneumonia di China (9/1). Setelah dideteksi wabah tersebut disebabkan virus yang bernama coronavirus atau 2019-nCov.

DIDUKUNG OLEH:

Pasti masih asing dengan virus ini karena memang virus ini dikategorikan virus baru. Seperti apa itu virus corona? dan bagaimana sejarah virus corona berkembang? Mari kita bahas bersama.

Apa itu Virus Corona?

Virus corona adalah virus yang memiliki gejala demam, batuk, gangguan pernapasan, dan sesak napas yang biasanya menyerang hewan. Virus corona yang ditemukan di China adalah jenis baru (2019-nCov) yang dapat menyerang manusia juga.

Penyebab virus tersebut juga masih dilakukan penelitian dan menurut beberapa ahli munculnya virus corona diyakini datang dari hewan kelelawar. Dan di distrik Wuhan memang adanya pasar yang menjual berbagai hewan liar yang tidak umum diperjual belikan seperti di pasar umum lainnya.

Sebenarnya virus corona ini sudah terdeteksi sejak Desember 2019 yang lalu dimana terdeteksinya virus berada di pasar Huanan yang memang menjual hewan hidup. Dan saat ini virus corona masih belum ada obatnya atau vaksin yang dapat membunuh virus corona karena tergolong jenis virus baru.

Sejarah Virus Corona

Sejak tanggal 6 Januari 2020 kemarin wabah virus corona di China sudah menginfeksi negara lain seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Singapura, dan Thailand. Meski virus corona termasuk jenis baru tetapi sejarah virus corona berkaitan dengan MERS dan SARS.

Wabah virus corona yang menyerang China memang memprihatinkan namun pihak organisasi kesehatan dunia (WHO) belum menetapkan menjadi masalah kesehatan darurat secara global.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Aman

Mengenang wabah sebelumnya yang pernah terjadi seperti MERS dan SARS yang juga berasal dari hewan. MERS yang ditularkan melalui hewan unta, SARS yang ditularkan lewat kelelawar, dan corona diyakini juga ditularkan lewat kelelawar dan ular.

Ketiga virus tersebut diyakini telah bermutasi sehingga dapat menjangkiti manusia. Dilihat dari virus sebelumnya seperti MERS dan SARS memang memiliki kesamaan gejala dengan virus corona yaitu menginfeksi saluran pernapasan.

Meski corona belum dijadikan masalah global dunia tetapi sudah membunuh sekitar 41 korban. Jadi tetap jaga kesehatan dan pola gaya hidup yang sehat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Jadi tetap jaga kesehatan dan pola gaya hidup yang sehat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.