Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Paska Terapi Akupuntur? Simak Dalam Artikel ini

Untuk mendapatkan manfaat terapi akupuntur yang maksimal, terdapat beberapa hal yang harus Anda hindari dan lakukan. Alasan lain mengapa Anda perlu melakukannya adalah agar Anda bisa segera produktif dan juga untuk memperpanjang manfaat relaksasi dan pengaturan ulang energi. Pertama, mari kita lihat apa saja yang harus dihindari.

Hak yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Akupunktur

Melansir laman Chenzen, dengan membatasi kegiatan ini, Anda bisa menenangkan reaksi stres agar tubuh bisa tetap dalam keadaan rileks dan memperdalam pengaturan ulang energi.

1. Aktivitas fisik yang intens

Saat Anda menjalani sesi akupunktur dengan pendekatan holistik, tubuh Anda telah melakukan reset terhadap seluruh sistem energi. Itu akan mengendurkan otot Anda dan menurunkan hormon stres dan bahkan memperlambat napas Anda. Tubuh Anda cenderung merasa lelah dan rileks alih-alih beraksi.

Sebagai aturan praktis, Anda akan melakukan olahraga intens setelah istirahat semalaman. Tunda tindakan intens apa pun pada tubuh Anda hingga hari berikutnya, sehingga tubuh Anda memiliki waktu untuk mengatur ulang dan mengalibrasi ulang.

- Advertisement -

Untuk beberapa alasan, mungkin Anda bersikeras untuk berolahraga. Kemudian, ahli menyarankan untuk berolahraga pada tingkat yang tidak menyebabkan sesak napas atau keringat yang menetes. Latihan keras akan mengaktifkan hormon stres Anda. Olahraga ringan akan memungkinkan aliran darah yang lembut ke seluruh tubuh untuk menambah relaksasi.

2. Pijat atau terapi manual lainnya

Pijat atau terapi manual lainnya bisa menjadi semacam rangsangan bagi tubuh Anda. Sementara tubuh Anda baru saja mengatur ulang energi dengan akupunktur, Anda mungkin bingung menerima kekuatan lain untuk menyesuaikan kembali alirannya. Lebih disukai untuk memilikinya di hari lain.

3. Sauna atau Mandi

Panas yang intens dari Sauna dan mandi dianggap sebagai rangsangan ekstra yang dapat membatalkan pengaturan ulang energi. Namun mandi air panas baik-baik saja setelah akupunktur.

4. Kopi atau Alkohol

Kopi dan Alkohol adalah bentuk rangsangan lain yang dapat mengganggu keadaan energi yang seimbang. Minum air hangat dan teh herbal sangat dianjurkan.

BACA JUGA  Berbagi Inspirasi Cegah Stunting, Pemda Beri Pelatihan Akupresur dan Makanan

5. Kompres es

Sementara akupunktur adalah tentang meningkatkan sirkulasi darah, menggunakan es di tempat nyeri akan menghalangi aliran darah yang kontraproduktif. Menerapkan panas saat istirahat dianjurkan untuk rasa sakit yang muncul setelah sesi.

Saat Anda menghilangkan semua yang tidak boleh dilakukan, Anda sudah setengah jalan. Ketika Anda mengikuti Dos yang tersisa, Anda dapat meningkatkan pemulihan Anda.

To-Do Setelah Akupunktur

Berikan waktu ekstra untuk bersantai setelah akupunktur. Minum teh hangat, luangkan waktu untuk menguap dan bersantai, atau sekadar duduk di bawah sinar matahari sudah cukup. Jika Anda harus kembali bekerja setelah akupunktur, saya sarankan untuk beroperasi pada mode “mengayuh lembut”, sehingga tidak menendang rangsangan. Namun, zona keluar di depan acara TV atau browsing di media sosial tidaklah santai. Itu membangkitkan emosi dan menghabiskan energi Anda.

1. Berikan waktu ekstra untuk tidur siang atau tidur

Jika Anda merasa mengantuk setelah akupunktur, tidur siang atau tidur lebih awal di hari yang sama. Ini memungkinkan pengisian ulang energi jalur cepat untuk tubuh Anda. Para ahli bahkan memiliki pengalaman kalau pasiennya memilih untuk tidur hingga 10 jam setelah sesi, dan setelah itu merasa lebih sehat.

2. Biarkan emosi mengalir secara terbuka

Saat emosi yang ditekan menyatu ke permukaan dan tutup wadah emosi yang berat telah dilebur oleh akupunktur, saya telah melihat pasien menangis berjam-jam setelah akupunktur. Ada yang bilang sangat memuaskan bisa mengungkapkan emosi secara terbuka seperti anak kecil lagi. Stres emosional yang ditekan dalam tubuh mirip dengan tekanan di dalam gunung berapi. Setelah letusan, itu akan kembali ke tahap tidak aktif. Cobalah menjadi diri Anda sendiri yang berusia 5 tahun, untuk mengungkapkan perasaan Anda secara terbuka yang memungkinkan Anda untuk kembali ke keadaan netral secara emosional.

3. Nyeri Berkobar? Biarkan rasa sakit ada di sana, rileks di dalamnya

Jika rasa sakit kambuh lagi setelah akupunktur, kebanyakan tidak bertahan lebih dari 24 jam. Dengan menenangkan rasa sakit dengan pernapasan yang sadar, Anda mungkin menyadari bahwa rasa sakitnya sering kali dapat dikendalikan. Itu bisa menjadi kesempatan untuk melatih Anda untuk hadir dan lebih tangguh dengan rasa sakit.

BACA JUGA  Hasil Penelitian ini Dapati Elektroakupunktur Signifikan Tingkatkan Fungsi Motorik dan Pergerakan Usus Pasien Parkinson

Secara fisik, biarkan tubuh Anda lebih banyak istirahat dan berikan paket panas dan gunakan obat penghilang rasa sakit satu kali jika diperlukan. Sejauh rasa sakitnya, itu berumur pendek, Anda tahu Anda bisa mengatasinya. Tolong Jangan tambahkan rasa takut di atas rasa sakit.

Ketahui dan catat perubahan dan laporkan kembali pada kunjungan Anda berikutnya.

Karena reaksi terjadi di berbagai tingkatan, dan seiring dengan kesibukan, Anda bisa lupa apa yang telah terjadi. Catat beberapa kata kunci dan bagikan dengan ahli akupunktur Anda pada kunjungan Anda berikutnya. Waspadai setiap perubahan dalam pola tidur, tingkat energi, nafsu makan, buang air besar, dan situs nyeri baru lainnya.

4. Setiap langkah kecil berarti

Idealnya, jika Anda mengikuti semua langkah ini, kemungkinan besar Anda akan mengalami perubahan positif yang lebih mendalam dengan perawatan akupunktur Anda. Namun, dalam kehidupan yang miskin waktu dan multitasking ini, setiap perubahan kecil dianjurkan. Cukup dengan menghindari TV dan media sosial, tidur lebih awal, memberi diri Anda waktu singkat untuk bersantai – ketika mengumpulkan langkah-langkah kecil ini bersama-sama, itu bisa menjadi transformasional.

Yang terpenting, berpikiran terbuka terhadap segala kemungkinan saat Anda mencoba akupunktur untuk membantu kondisi kesehatan Anda. Perubahan kejutan dapat terjadi pada tingkat mental, energi, dan fisik. Jangan lupa juga untuk selalu berkonsultasi dengan terapis terlebih dahulu untuk mengetahui berbagai kemungkinan efek samping yang ditimbulkan dari terapi akupuntur. Dengan begitu, Anda bisa lebih siap untuk mengikuti semua sesi terapi dan mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...