Apakah Akupuntur Bekerja Untuk Meredakan Stres ?

Apakah Akupuntur Bekerja Untuk Meredakan Stres ? – Anggapan untuk memasukkan jarum ke dalam tubuh Anda mungkin terdengar menegangkan. Tetapi bagi mereka yang secara teratur menerima perawatan akupuntur, itu cukup membuat rileks, meskipun para ilmuwan belum benar-benar yakin mengapa.

Sekarang para peneliti dari Universitas Georgetown telah menemukan bahwa jarum yang ditempatkan tepat di bagian tubuh yang tepat dapat mengganggu transmisi hormon stres.

“Manfaat akupuntur sangat dikenal oleh mereka yang menggunakannya, tetapi pembuktian tersebut bersifat anekdot. Penelitian ini, puncak dari sejumlah penelitian, menunjukkan bagaimana akupuntur dapat bekerja dalam tubuh manusia untuk mengurangi stres dan rasa sakit, dan berpotensi depresi, ”kata penulis studi Ladan Eshkevari dalam siaran pers, sumber popsci.com.

Apakah Akupuntur Bekerja Untuk Meredakan Stres ?

Dalam studi yang diterbitkan baru-baru ini di jurnal Endocrinology, para peneliti menguji efek elektroakupuntur, di mana jarum membawa arus listrik ringan, pada tikus yang stres. Mereka mengincar titik meridian perut 36, yang terletak di tulang kering pada manusia, atau di belakang kaki belakang tikus.

- Advertisement -

Akupuntur dianggap sebagai salah satu titik paling kuat pada tubuh karena memengaruhi jalur stres kronis yang disebut sumbu adrenal hipofisis hipotalamus.

Ketika para peneliti memasukkan jarum pada tikus yang stres karena kedinginan, kadar hormon stres mereka jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak menerima pengobatan akupuntur.

Banyak obat yang digunakan untuk mengobati kecemasan dan depresi memanfaatkan sistem hormon yang sama, memperkuat keabsahan temuan tersebut.

Jika akupuntur bekerja dengan cara yang sama pada manusia seperti pada tikus, itu akan menjadi alternatif pengobatan yang menjanjikan; akupuntur mungkin memiliki lebih sedikit efek samping dan tidak perlu terlalu banyak mengutak-atik dosis. Para peneliti berharap dapat menguji mekanisme pada manusia dalam penelitian selanjutnya.

BACA JUGA  Bisakah Akupuntur Benar-Benar Membantu Nyeri Kronis?

Akupuntur bisa menjadi pilihan untuk Anda yang khawatir efek samping dari obat. Karena pengobatan yag berasal dari China ini sangat minim efek samping yang dapat membahayakan tubuh. Akupuntur bisa diterapkan secara rutin, tidak perlu khawatir akan terjadi masalah dikemudian hari.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...