Apakah Akupuntur Bekerja Untuk Meredakan Stres ?

Apakah Akupuntur Bekerja Untuk Meredakan Stres ? – Anggapan untuk memasukkan jarum ke dalam tubuh Anda mungkin terdengar menegangkan. Tetapi bagi mereka yang secara teratur menerima perawatan akupuntur, itu cukup membuat rileks, meskipun para ilmuwan belum benar-benar yakin mengapa.

Sekarang para peneliti dari Universitas Georgetown telah menemukan bahwa jarum yang ditempatkan tepat di bagian tubuh yang tepat dapat mengganggu transmisi hormon stres.

“Manfaat akupuntur sangat dikenal oleh mereka yang menggunakannya, tetapi pembuktian tersebut bersifat anekdot. Penelitian ini, puncak dari sejumlah penelitian, menunjukkan bagaimana akupuntur dapat bekerja dalam tubuh manusia untuk mengurangi stres dan rasa sakit, dan berpotensi depresi, ”kata penulis studi Ladan Eshkevari dalam siaran pers, sumber popsci.com.

Apakah Akupuntur Bekerja Untuk Meredakan Stres ?

Dalam studi yang diterbitkan baru-baru ini di jurnal Endocrinology, para peneliti menguji efek elektroakupuntur, di mana jarum membawa arus listrik ringan, pada tikus yang stres. Mereka mengincar titik meridian perut 36, yang terletak di tulang kering pada manusia, atau di belakang kaki belakang tikus.

Akupuntur dianggap sebagai salah satu titik paling kuat pada tubuh karena memengaruhi jalur stres kronis yang disebut sumbu adrenal hipofisis hipotalamus.

Ketika para peneliti memasukkan jarum pada tikus yang stres karena kedinginan, kadar hormon stres mereka jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak menerima pengobatan akupuntur.

Banyak obat yang digunakan untuk mengobati kecemasan dan depresi memanfaatkan sistem hormon yang sama, memperkuat keabsahan temuan tersebut.

Jika akupuntur bekerja dengan cara yang sama pada manusia seperti pada tikus, itu akan menjadi alternatif pengobatan yang menjanjikan; akupuntur mungkin memiliki lebih sedikit efek samping dan tidak perlu terlalu banyak mengutak-atik dosis. Para peneliti berharap dapat menguji mekanisme pada manusia dalam penelitian selanjutnya.

BACA JUGA  4 Cara Akupuntur Dapat Membantu Kesehatan Wanita

Akupuntur bisa menjadi pilihan untuk Anda yang khawatir efek samping dari obat. Karena pengobatan yag berasal dari China ini sangat minim efek samping yang dapat membahayakan tubuh. Akupuntur bisa diterapkan secara rutin, tidak perlu khawatir akan terjadi masalah dikemudian hari.

TERBARU

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Mendalami Sejarah Herbal Ginseng, Hingga Manfaatnya Terutama bagi Kecantikan

Ginseng adalah tumbuhan yang memiliki sejarah panjang di kawasan...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk nyeri punggung. Namun, sampai saat ini, para...