Apakah Akupuntur untuk Promil Efektif Atasi Infertilitas?

Saat ini, kasus infertilitas menjadi masalah kompleks di bidang kesehatan reproduksi. Di mana, masalah kesehatan ini tidak hanya terjadi pada perempuan saja, tetapi juga pria. Apakah akupuntur untuk program kehamilan (promil) efektif mengatasi infertilitas?

dr. Handaya Dipanegara, M.Kes, Sp. Ak Dokter Spesialis Akupunktur yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah dan Bintaro Jaya ini, menyebutkan kalau satu dari tujuh pasangan suami istri di dunia mengalami infertilitas, baik infertilitas primer maupun infertilitas sekunder.

Memahami Apa yang Dimaksud dengan Infertilitas

Sebelum membahas akupuntur untuk promil lebih dalam, perlu dipahami lebih dulu apa yang dimaksud dengan infertilitas.

Secara definisi, infertilitas atau ketidaksuburan merupakan masalah yang dihadapi oleh pasangan suami-istri yang telah menikah dalam kurun waktu minimal satu tahun, melakukan hubungan intim secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun, namun belum berhasil mendapatkan kehamilan.

Berdasarkan hasil riset, sekitar 40 – 50 persen infertilitas disebabkan oleh faktor yang berasal dari istri, 25 – 40 persen dari suami, 10 persen karena faktor keduanya, dan 10 persennya lagi tidak diketahui penyebabnya (idiopatik).

dr. Handaya menjelaskan, untuk penanganan infertilitas yang tepat, tentu saja perlu selalu dilakukan sesuai dengan penyebabnya.

“Berkembangnya teknologi kedokteran saat ini diharapkan dapat memberikan hasil dengan angka keberhasilan tinggi dengan risiko minimal, mulai dari induksi ovulasi, inseminasi intra-uterin (IIU), dan program bayi tabung (IVF), tergantung indikasi dari masalah infertilitas yang dialami,” jelasnya.

Selain itu, hal yang penting untuk dilakukan, apabila pasangan suami istru sudah merasa memiliki gangguan infertilitas, sebaiknya berdiskusi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan sebelum menentukan terapi penanganan gangguan kesuburan yang tepat.

BACA JUGA  Kiat Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Apakah Akupuntur untuk Promil Bisa Menyembuhkan Infertilitas?

Dari sekian banyak terapi yang bisa ditempuh, dr. Handaya mengungkapkan kalau akupuntur medik yang dikombinasikan dengan pengobatan kedokteran modern bisa memberikan hasil yang lebih optimal untuk menunjang penanganan gangguan kesuburan.

Menurutnya, hasil riset memperlihatkan kalau teknik akupuntur dapat meningkatkan keberhasilan program bayi tabung 60 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

Teknik ini dilakukan dengan cara merangsang titik tertentu di permukaan tubuh, baik menggunakan jarum saja, elektroakupunktur (dengan bantuan listrik), laserpunktur (dengan sinar laser), maupun penyuntikan dengan cairan yang dikenal dengan akuapunktur.

Dijelaskan dr. Handaya, mekanisme akupuntur untuk promil medik yang bisa membantu atasi gangguan kesuburan akan dilakukan lewat beberapa tahapan.

  • Memperbaiki hormon reproduksi
  • Memperbaiki sirkulasi aliran darah ke rahim
  • Mengurangi vasokonstriksi pembuluh darah
  • Mempertebal dinding endometrium
  • Membuat pikiran lebih tenang
  • Meningkatkan sistem imunitas, dan homeostasis tubuh.

Terapi akupunktur untuk menunjang penanganan gangguan kesuburan biasanya dilakukan dua kali dalam seminggu, setiap sesi membutuhkan waktu rata-rata 30 menit. Satu sesi terapi terdiri dari 12 kali terapi.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal pada program bayi tabung, akupunktur medik dapat dilakukan sehari sebelum dan setelah transfer embrio dilakukan.

Namun, keberhasilan terapi akupuntur untuk promil ini tentu saja akan dipengaruhi oleh gaya hidup sehat. dr. Handaya mengingatkan, selama menjalani akupuntur untuk promil atau program penanganan infertilitas, pasien disarankan memperbaiki pola hidup.

Dimulai dengan tidak merokok, makan makanan yang bergizi dan menghindari makanan yang mengandung pengawet, menurunkan berat badan, mencegah stres, istirahat dan tidur cukup, serta berolahraga teratur seperti bersepeda dan lari ringan sekitar 30 menit sehari. [AB]

BACA JUGA  Membantu Hilangkan PTSD Dengan Terapi Akupuntur

TERBARU

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...