Apakah Dry Needling Sama Dengan Akupuntur ?

Apakah Dry Needling Sama Dengan Akupuntur ? – Mungkin sulit untuk membedakan antara dry needling dan akupuntur hanya dengan melihat foto. Kedua perawatan menggunakan alat yang sama dan mengklaim dapat mengobati rasa sakit. Namun, perbedaannya terletak pada teknik yang digunakan dan teori di mana dan bagaimana jarum dimasukkan.

Akupuntur telah ada selama berabad-abad sebagai pengobatan alternatif yang membantu memulihkan fungsi tubuh normal dan koordinasi saraf.

Tusuk jarum kering adalah praktik yang diadopsi beberapa dekade kemudian dan berfokus pada perspektif yang lebih sempit daripada akupuntur.

Apakah Dry Needling Sama Dengan Akupuntur ?

Teknik yang Digunakan

- Advertisement -

Dalam dry needling, praktisi memasukkan jarum pada kedalaman yang lebih dalam dan memanipulasinya untuk menginduksi respons pemicu lokal. Titik pemicu adalah titik hiperiritasi yang terletak di sepanjang otot yang menimbulkan rasa sakit atau nyeri.

Di sisi lain, ahli akupuntur memasukkan jarum ke kedalaman tertentu berdasarkan area. Mereka melakukannya dengan lembut sampai pasien merasakan sakit yang tumpul atau sensasi atau “deqi”. Titik pemicu ini biasanya perlu untuk mengurangi rasa sakit dan mengaktifkan jalur energi yang mendorong penyembuhan diri.

Pelatihan dan Pengalaman

Ahli akupuntur sebagai spesialis jarum karena tingkat pelatihan mereka. Untuk menjadi ahli akupuntur, Anda harus menyelesaikan pelatihan master atau doktoral dalam penggunaan jarum dan memiliki sertifikasi dewan untuk berlatih akupuntur.

Anda harus lulus serangkaian ujian papan, lulus dari universitas terakreditasi, dan lulus ujian teknik jarum bersih untuk mendapatkan sertifikasi nasional. Pelatihan dry needling sangat berbeda, karena sedikit atau tidak ada pelatihan tambahan yang perlu untuk melakukannya pada pasien.

Namun, kriteria minimum adalah memiliki 2 tahun pengalaman sebagai ahli terapi fisik berlisensi sebelum mengikuti pendidikan dan pelatihan tusuk jarum kering. Oleh karena itu, seorang ahli akupuntur memiliki lebih banyak pengalaman daripada seorang praktisi yang hanya berspesialisasi dalam tusuk jarum kering.

BACA JUGA  Makanan yang Harus Dihindari Gigi Sensitif

Terminologi dan Keselamatan Pasien

Pakar kesehatan profesional mengklaim bahwa dry needling tidak sama dengan akupuntur meskipun menggunakan alat yang sama untuk pengobatan. Jarum sedikit berbeda karena artinya jarum akupuntur berbeda dengan dry needling.

Jenis jarum menentukan ruang lingkup pengobatan dan efektivitasnya dalam menghilangkan rasa sakit dan mengatasi masalah kesehatan lain dalam tubuh. Terapis fisik yang menggunakan dry needling untuk melewati aturan dan peraturan yang ada untuk keselamatan konsumen.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...