Apakah Dry Needling Sama Dengan Akupuntur ? – Mungkin sulit untuk membedakan antara dry needling dan akupuntur hanya dengan melihat foto. Kedua perawatan menggunakan alat yang sama dan mengklaim dapat mengobati rasa sakit. Namun, perbedaannya terletak pada teknik yang digunakan dan teori di mana dan bagaimana jarum dimasukkan.

Akupuntur telah ada selama berabad-abad sebagai pengobatan alternatif yang membantu memulihkan fungsi tubuh normal dan koordinasi saraf.

Tusuk jarum kering adalah praktik yang diadopsi beberapa dekade kemudian dan berfokus pada perspektif yang lebih sempit daripada akupuntur.

DIDUKUNG OLEH:

Apakah Dry Needling Sama Dengan Akupuntur ?

Teknik yang Digunakan

Dalam dry needling, praktisi memasukkan jarum pada kedalaman yang lebih dalam dan memanipulasinya untuk menginduksi respons pemicu lokal. Titik pemicu adalah titik hiperiritasi yang terletak di sepanjang otot yang menimbulkan rasa sakit atau nyeri.

Di sisi lain, ahli akupuntur memasukkan jarum ke kedalaman tertentu berdasarkan area. Mereka melakukannya dengan lembut sampai pasien merasakan sakit yang tumpul atau sensasi atau “deqi”. Titik pemicu ini biasanya perlu untuk mengurangi rasa sakit dan mengaktifkan jalur energi yang mendorong penyembuhan diri.

Pelatihan dan Pengalaman

Ahli akupuntur sebagai spesialis jarum karena tingkat pelatihan mereka. Untuk menjadi ahli akupuntur, Anda harus menyelesaikan pelatihan master atau doktoral dalam penggunaan jarum dan memiliki sertifikasi dewan untuk berlatih akupuntur.

Anda harus lulus serangkaian ujian papan, lulus dari universitas terakreditasi, dan lulus ujian teknik jarum bersih untuk mendapatkan sertifikasi nasional. Pelatihan dry needling sangat berbeda, karena sedikit atau tidak ada pelatihan tambahan yang perlu untuk melakukannya pada pasien.

Namun, kriteria minimum adalah memiliki 2 tahun pengalaman sebagai ahli terapi fisik berlisensi sebelum mengikuti pendidikan dan pelatihan tusuk jarum kering. Oleh karena itu, seorang ahli akupuntur memiliki lebih banyak pengalaman daripada seorang praktisi yang hanya berspesialisasi dalam tusuk jarum kering.

BACA JUGA  Mengobati Tekanan Darah Tinggi Dengan Akupunktur

Terminologi dan Keselamatan Pasien

Pakar kesehatan profesional mengklaim bahwa dry needling tidak sama dengan akupuntur meskipun menggunakan alat yang sama untuk pengobatan. Jarum sedikit berbeda karena artinya jarum akupuntur berbeda dengan dry needling.

Jenis jarum menentukan ruang lingkup pengobatan dan efektivitasnya dalam menghilangkan rasa sakit dan mengatasi masalah kesehatan lain dalam tubuh. Terapis fisik yang menggunakan dry needling untuk melewati aturan dan peraturan yang ada untuk keselamatan konsumen.