Apakah Hewan Peliharaan Membutuhkan Akupunktur ? – Anda mungkin pernah mendengar tentang akupunktur untuk manusia. Kini terapi Tiongkok kuno semakin populer di kalangan pemilik hewan peliharaan juga sebagai suplemen holistik untuk perawatan hewan tradisional.

Apakah Hewan Peliharaan Membutuhkan Akupunktur ?

Sama seperti manusia, jarum kecil dimasukkan ke dalam kulit hewan pada titik-titik tertentu untuk mencoba dan menghilangkan rasa sakit melalui sirkulasi darah yang terstimulasi. Pada kucing dan anjing, obat ini paling sering digunakan pada penyakit muskuloskeletal dan nyeri kronis seperti artritis atau masalah gastrointestinal.

Ini muncul beberapa dekade yang lalu tetapi tetap menjadi metode terapi alternatif. Dan tidak konvensional yang tidak digunakan kebanyakan dokter hewan. Masyarakat Akupunktur Hewan Internasional (IVAS) sekarang memiliki sekitar 1.900 anggota, dan mereka mengadakan konferensi di Cairns, Australia minggu ini dengan praktisi dari 21 negara.

Tapi seperti akupunktur dalam pengobatan manusia, banyak skeptisisme seputar praktik tersebut pada hewan peliharaan. Sebuah studi tahun 2006 mengatakan “tidak ada bukti kuat untuk merekomendasikan atau menolak akupunktur” dalam kedokteran hewan karena penelitian yang tidak meyakinkan dan terbatas.

Tetapi ribuan pemilik dan praktisi bersumpah bahwa prosedur tersebut membuat perbedaan pada kualitas hidup hewan . Terutama hewan lanjut usia dan yang sakit kronis.

Salah satu teori utama dalam penelitian akupunktur adalah pereda nyeri sementara ini berasal dari pelepasan obat penghilang rasa sakit alami yang disebut adenosin di sekitar titik penyisipan.

Dokter hewan Jin Rishan di Shanghai yang mengatakan dia telah merawat lebih dari 2.000 hewan peliharaan keluarga sejak klinik dibuka pada 2013. Dia mengklaim hingga 80% hewan telah melihat peningkatan setelah perawatan.

Di AS, perusahaan farmasi untuk hewan sekarang menjadi industri bernilai miliaran dolar. Karena pemiliknya mencoba memperpanjang kualitas dan umur hewan peliharaan mereka.

Namun pada 2015 American Animal Hospital Association (AAHA) dan American Association of Feline Practitioners (AAFP) mengeluarkan pedoman. Yang menyebut akupunktur sebagai “metode yang menarik dan aman untuk manajemen nyeri”. Dan “Harus sangat dipertimbangkan” sebagai bagian dari rencana pengelolaan nyeri pada hewan.