Apakah Lidah Buaya Bisa Menyembuhkan Ambeien? Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Susah duduk dan sakit ketika buang air besar merupakan hal yang sering dikeluhkan oleh penderita ambeien. Praktisi pengobatan sunah Indonesia, dr Zaidul Akbar mengatakan lidah buaya bisa menyembuhkan penyakit yang disebut wasir atau hemoroid. Ini seperti menjawab pertanyaan perihal apakah lidah buaya bisa menyembuhkan ambeien?

Penyebab Ambeien sangat beragam, namun umumnya terjadi akibat adanya tekanan besar.

Wasir tidak selalu menimbulkan keluhan, tetapi bila keluhan muncul, penderita dapat merasa tidak nyaman dan gatal pada anus, serta muncul perdarahan lewat anus.

dr Zaidul Akbar: Lidah Buaya Bisa Atasi Ambeien

“Sepengalaman saya Ambeien itu bisa Anda bantu juga dengan lidah buaya ya,” sebut dr Zaidul Akbar dalam kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official .

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan termasuk sebagai obat ambeien alami.

Tanaman ini mampu mengurangi peradangan pada ambeien dan meringankan rasa perih atau gatal pada anus akibat ambeien. Lidah buaya juga dapat membantu pemulihan pada ambeien yang mengalami luka.

Anda bisa menggunakan krim atau gel yang mengandung ekstrak lidah buaya atau langsung mengoleskan lidah buaya yang dihaluskan pada bagian anus yang mengalami pembengkakan akibat ambeien. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari, sampai gejala ambeien dirasa membaik.

Berasal dari timur dan selatan Afrika, lidah buaya telah dibudidayakan di seluruh dunia. Tanaman ini merupakan bunga berbentuk tabung, daun berdaging yang mengandung gel obat yang digunakan secara eksternal untuk merawat kondisi kulit.

Cairan lidah buaya yang diambil dari dasar daun, digunakan secara internal, terutama sebagai pencahar stimulan.

Sebuah tinjauan ilmiah yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology melaporkan bahwa lidah buaya mengandung bradykinase, enzim yang membantu untuk meredakan peradangan parah ketika dioleskan pada kulit, seperti dilansir Livestrong.

BACA JUGA  Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Senyawa aktif yang terdapat pada gel lidah buaya digunakan secara topikal dalam pengobatan homeopati untuk mempercepat penyembuhan luka.

Menurut herbalist Steven Foster, penulis buku ‘National Geographic Desk Reference to Nature’s Medicine’, sifat gel lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan dengan mengurangi nyeri dan peradangan, yang merupakan dua gejala umum wasir.

Sifat anti-inflamasi pada lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan, rasa panas dan peradangan, sehingga membantu mengurangi iritasi wasir. Rasa dingin pada cairan atau gelnya juga dapat memberikan efek menenangkan.

Secara internal, mengonsumi lidah buaya dapat membuat tinja lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan sehingga dapat mengurangi tekanan pada wasir saat mengejan.

“Selain lidah buaya, rumput laut itu juga bisa digunakan,” imbuh dr Zaidul Akbar, sembari menyarankan penggunaan minyak-minyak herbal.

“Dan beberapa jenis minyak-minyak herbal itu nanti mungkin maaf itu bisa dioleskan di daerah ambeien yang tadi,” sebut dr Zaidul Akbar.

“Sekarang banyak kan, minyak-minyak herbal itu kan jadi mungkin coba dibeli aja itu,” terang dr Zaidul Akbar.

“Nanti dioleskan di situ atau minimal ya minyak zaitun, itu mungkin saran saya,” sarannya.

Meskipun penjelasan sebelumya menjawab pertanyaan apakah lidah buaya bisa menyembuhkan ambeien, namun jika kondisi penyakit belum berubah atau semakin parah direkomendasikan agar segera konsultasi dengan dokter ahli. [AB]

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...