Apakah TCM Bisa Atasi Trauma Bagi Korban Tragedi Kerusuhan Laga Arema vs Persebaya?

Sekira 127 orang tewas buntut kerusuhan laga Arema vs Persebaya pada Sabtu (2/10/2022) malam WIB. Tragedi tersebut tentu menyisakan trauma mendalam baik insan yang menyaksikan langsung maupun keluarga, apakah pengobatan tradisional Cina atau TCM bisa membantu korban trauma?

Bagaimana TCM Efektif Membantu Korban Trauma?

Mengurangi rasa trauma tentu merupakan hal yang cukup sulit untuk dihilangkan. Mengingat, sesuatu yang sudah menjadi trauma bagi orang lain, pasti akan sulit hilang dan dilupakan.

TCM atau dikenal dengan pengobatan tradisional Cina memiliki berbagai macam jenis teknik pengobatan yang terbilang unik dan berbeda dari yang lain. TCM sendiri merupakan hasil warisan budaya Cina.

Ada beberapa jenis TCM yang perlu Anda ketahui seperti feng shui, akupuntur, akupresur, moksibusi, tai chi dan masih banyak lagi. Yang jelas, terapi ini memiliki ciri khas atau keunikannya tersendiri.

Rasa trauma, hal ini jelas memiliki arti yang mendalam karena trauma pasti berhubungan dengan suatu hal yang sulit sembuh hingga membuat penderitanya stres dan depresi. Banyak cara yang bisa menghilangkan rasa trauma ini.

Hal yang pertama bisa kamu lakukan adalah identifikasi diri atau sadar, apa yang salah di dalam diri. Cara lain yang bisa membantu mengurangi trauma agar tidak larut ke dalamnya adalah meditasi.

Qigong adalah salah satu cara meditasi ala TCM yang layak dicoba. Dengan melibatkan gerakan sederhana, fokus dan lembut, qigong bisa membantu pikiran dan tubuh rileks. Apalagi, terapi ini bisa dilakukan di mana saja.

Selain qigong, trauma terkadang bisa memicu stres hingga depresi dan untuk mengatasi hal ini, akupuntur dan akupresur merupakan dua metode pengobatan yang layak dicoba untuk membantu redakan stres dan cegah depresi.

BACA JUGA  Treatment Alami untuk Kecantikan Wanita Cina

Mengapa demikian? Karena teknik akupuntur dan akupresur adalah dua jenis pengobatan yang bisa merangsang hormon endorfin aktif dan membantu meredakan rasa sakit sekaligus menenangkan pikiran.

Sudah menjadi hal umum bahwa setelah melakukan akupuntur dan akupresur, tubuh akan terasa lebih bugar dan sehat. Bahkan, daya tahan tubuh juga rasa sakit yang menjalar di sekujur tubuh akan ikut berkurang.

Demikian metode pengobatan TCM tidak hanya mengobati akar permasalahan korban trauma saja. Tapi juga mengobati sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak, serta mengobati keluhan penyakit lain yang juga mengalami gangguan kesehatan.

Sepak bola Indonesia kembali berduka. Ratusan nyawa melayang akibat kerusuhan di pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan .

Pertandingan Arema melawan Persebaya Surabaya berakhir 2-3 untuk kemenangan tim tamu. Kesal dengan kekalahan Arema, suporter Aremania menyerbu ke lapangan usai peluit panjang ditiup wasit. [AB]

TERBARU

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...