Atasi Amblyopia Dengan Melakukan Terapi Akupuntur

Cara atasi amblyopia dengan terapi akupuntur sudah dibuktikan oleh studi terbaru di Hongkong. Amblyopia atau mata malas atau dalam bahasa Inggris ialah lazy eye merupakan hal yang biasa terjadi pada anak.

Cara Atasi Amblyopia Dengan Terapi Akupuntur

Anak-anak yang mengalami mata malas kini bisa diatasi dengan melakukan terapi akupuntur. Keefektifan terapi asal Cina ini sudah dibuktikan melalui sebuah studi di Hongkong.

Menurut Dr Dennis Shun-Chiu Lam yang merupakan seorang penulis studi dan pemimpin Department of Ophthalmology and Visual Sciences mengatakan bahwa akupuntur memang efektif untuk dilakukan.

Dalam studinya, anak berusia 3 sampai 7 tahun yang mengalami ADHD melakukan pengobatan dengan metode terapi akupuntur dan dibantu dengan penggunaan kacamata.

- Advertisement -

Dibandingkan dengan anak yang hanya menggunakan kacamata, anak yang melakukan terapi akupuntur dan menggunakan kacamata lebih memiliki hasil yang lebih baik dengan ciri kemampuan penglihatannya yang meningkat.

Penyakit mata malas ini ditandai dengan penglihatan pada satu mata lebih buruk daripada mata yang lain. Penyakit ini berbeda dengan strabismus atau mata juling.

Amblyopia biasanya diobati dengan menggunakan kacamata atau plester untuk melatih mata yang rusak. Karena, jika tidak segera diobati maka anak akan mengalami kebutaan permanen.

Menurut Dr Marc Lustig, penelitian dengan menggunakan metode akupuntur ini, tidak akan mengubah cara dokter mengatasi masalah mata malas pada anak.

Menurut American Academy of Ophthalmology, setelah anak berusia 9 tahun atau lebih, masalah mata malas ini akan sulit untuk diperbaiki bahkan tidak bisa lagi diperbaiki.

Oleh karena itu, jika mengalami gejala mata malas atau amblyopia, akupuntur bisa digunakan dan bekerja dengan baik sebagai plester untuk atasi amblyopia.

Jadi, jika anak mengalami gejala mata malas, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter dan jangan dibiarkan. Karena, efek dari masalah ini akan fatal jika dibiarkan dan merugikan anak.

BACA JUGA  Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Sebagian besar mengatakan bahwa akupuntur hanya menimbulkan efek plasebo saja, namun sebagian masyarakat juga memercayakan terapi ini karena efeknya yang nyata.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...