Atasi Cerebral Palsy Dengan Terapi Akupuntur – Kesehatan otak begitu penting bagi seseorang. Namun tetap ada masalah saja yang menyerang organ tubuh yang satu ini. Salah satu penyakit yang biasanya menyerang bagian otak ialah Cerebral Pasly. Cerebral pasly ini merupakan penyakit yang akan membuat gangguan pada gerakan dan koordinasi tubuh manusia. Atau biasa juga disebut dengan lumpuh otak dimana otak tidak bisa bekerja dengan maksimal. Gangguan ini biasanya sudah dialami sejak dalam kandungan, maka ketika anak tubuh bisa terdeteksi.

DIDUKUNG OLEH:

Penyakit ini akan menimbulkan berbagai gejala. Mulai dari otot kaku, tremor, gangguan kecerdasan, gangguan penglihatan, sulit ketika menelan makanan, sulit berbicara, sering menggunakan satu sisi tubuh saja, hingga kesulitan berjalan. Masalah ini perlu diatasi dengan berbagai macam pengobatan. Karena bagaimanapun, anak harus bisa tumbuh dengan normal.

Penyakit Cerebral palsy ini disebabkan oleh perubahan pada gen, suplai darah ke otak janin teranggu, bayi kembar dua atau lebih, suplai oksigen ke otak bayi yang kurang dan masih banyak lagi. Penyakit ini akan membuat anak sulit untuk menjalani kehidupan seperti orang pada umumnya.

Atasi Cerebral Palsy Dengan Terapi Akupuntur

Peneliti Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Cina Kota Binzhou menggabungkan terapi Traditional Chinese Medicine (TCM) dengan fisioterapi standar.Pasien yang menerima perawatan TCM dan fisioterapi dalam protokol pengobatan gabungan memiliki hasil lebih baik dibandingkan dengan pasien yang hanya menerima fisioterapi umum.

Kelompok pasien yang mendapatkan perawatan akupuntur memiliki tingkat efektifitas 92,9%. Sementara yang hanya menerima fisioterapi biasa memiliki efektifitas 79,8%. Dalam penelitian ini melibatkan 80 pasien baik yang mendapatkan terapi akupuntur maupun fisioterapi. Mereka dilakukan perawatan di Rumah Sakit TCM Kota Binzhou.

Titik akupuntur pada kasus ini terdiri dari banyak titik. Seperti BL23 (Shenshu) LI14 (Binao) LI11 (Quchi) LI10 (Shousanli) TB5 (Waiguan) TB4 (Yangchi) LI4 (Hegu) SP10 (Xuehai) ST32 (Futu) GB34 (Yanglingquan) ST36 (Zusanli) BL40 (Weizhong) BL57 (Chengshan) SP6 (Sanyinjiao) KI3 (Taixi) BL60 (Kunlun). Kesimpulannya, akupuntur memiliki efek yang baik untuk mengatasi penyakit ini.