Atasi Frozen Shoulder Dengan Terapi Akupuntur – Akupunktur merupakan salah satu pengobatan yang efektif untuk penyembuhan bahu yang beku. Bahu beku atau Frozen Shoulder ditandai dengan nyeri bahu dan kehilangan kekuatan untuk gerak di area bahu. Gerakan lengan menjadi sulit dan bahu membeku sering mengganggu tidur. Dalam penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Otak Guangdong 999, para peneliti menentukan bahwa akupunktur mengurangi rasa sakit dan mengembalikan rentang gerak ke bahu untuk pasien dengan bahu beku.

DIDUKUNG OLEH:

Para peneliti mengukur kemanjuran electroacupuncture dan terapi gelombang kejut ekstrakorporeal (ESWT) sebagai media pengobatan Frozen Shoulder. Kedua cara pengobatan memberikan hasil pasien positif yang signifikan. Hasil optimal dicapai ketika kedua metode pengobatan digabungkan menjadi rejimen perawatan yang komprehensif dan terintegrasi. Kedua metode pengobatan ini dicoba agar memberikan hasil yang maksimal. Karena memang butuh kombinasi yang pas agar gangguan ini bisa cepat diatasi.

Kombinasi terapi gelombang kejut ekstrakorporeal (ESWT) dan electroacupuncture mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kekuatan gerak sendi bahu (ROM) untuk pasien dengan bahu beku. Dalam sebuah studi protokol dari Rumah Sakit Otak Guangdong 999, para peneliti mengungkapkan bahwa pengaplikasian dari kedua terapi gelombang kejut ekstrakorporeal dan electroacupuncture menghasilkan hasil pengobatan positif yang signifikan kepada pasien.

Atasi Frozen Shoulder Dengan Terapi Akupuntur

Studi ini melibatkan 90 pasien di departemen akupunktur Rumah Sakit Otak Guangdong 999. Semua pasien didiagnosis dengan bahu beku antara Oktober 2014 dan Agustus 2016. Mereka secara acak dibagi menjadi kelompok gelombang kejut ekstrakorporeal (ESWT), kelompok electroacupuncture (EA), dan gelombang kejut ekstrakorporeal ditambah kelompok electroacupuncture (ESWT plus EA), dengan 30 pasien di setiap kelompok.

Titik akupuntur ini ditentukan berdasarkan resep acupoint dalam teks Acupuncture and Moxibustion Therapeutics. Untuk lebih jelasnya, titik akupuntur dalam pengobatan gangguan ini berada di beberapa titik ini. Diantaranya LI15 (Jianyu) TB14 (Jianliao) SI9 (Jianzhen) Jianqian (Extra) GB34 (Yanglingquan) ST38 (Tiaokou) BL57 (Chengshan). Penentuan titik ini memang tidak sembarangan. Akupuntur merupakan pengobatan yang sudah ada sejak zaman dahulu, jadi banyak aturan yang digunakan.