Atasi Kebiasaan Mengompol Dengan Akupuntur – Mengompol menjadi salah satu kebiasaan yang dialami oleh anak kecil. Kejadian mengompol ini biasa terjadi ketika sang anak tidur ataupun menangis. Banyak hal yang membuat anak mudah sekali mengompol. Akan sangat merepotkan jika kejadian ini terus berulang. Apalagi bagi yang mengurusi anak tersebut, tentu akan kerepotan.

DIDUKUNG OLEH:

Sebenarnya, mengompol juga bisa terjadi para orang dewasa. Meski volumenya tidak sebanyak anak kecil. Mengompol biasanya terjadi karena tidak membuang air kecil sebelum tidur ataupun terlalu lama menahan air kencing. Penyebab itu paling sering dialami dan juga terjadi para seseorang. Siapapun yang mengalami mengompol tentu akan merasakan ketidaknyamanan dalam aktivitas.

Atasi Kebiasaan Mengompol Dengan Akupuntur

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa akupunktur adalah pengobatan yang efektif untuk enuresis nokturnal atau mengompol. Secara pengertian mengompol atau Enuresis nokturnal merupakan kejadian buang air kecil yang dilakukan tidak sengaja. Kebiasaan mengompol yang tidak diobati bisa membuat gejala ini berkelanjutan. Akan sangat merepotkan jika terjadi sampai usia dewasa.

Pengobatan konvensional biasa menggunakan alarm mengompol untuk mengatasi masalah ini. Tapi perlu diketahui, sudah sejak lama ada pengobatan akupuntur yang ampuh untuk mengatasi masalah ini. Akupuntur dipercaya mampu mempengaruhi pusat berkemih tulang belakang. Menurut Teori Pengobatan Cina Enuresis nokturnal disebabkan oleh kekurangan Qi Ginjal yang menyebabkan ketidakmampuan kandung kemih untuk mengatur buang air kecil.

Jika mengalami Enuresis nokturnal yang kronis, seseorang tidak bisa mendistribusikan nutrisi dengan baik ke seluruh tubuh. Beberapa titik akupuntur untuk mengatasi mengompol diantaranya Shenshu (UB23), Pangguangshu (UB28), Zhongji (CV3), dan Sanyinjiao (Sp6). Poin tambahan termasuk Shenmen (Ht7) dan Zusanli (St36). Akupuntur bisa menjadi alternatif untuk mengatasi mengompol.

Akupuntur dilakukan dengan cara menancapkan beberapa jarum yang ukurannya sangat kecil ke titiknya.  Titik akupuntur ini berbeda-beda, sehingga tidak bisa dilakukan dengan baik. Berbeda gejala yang akan disembuhkan, berbeda juga titik akupunturnya. Untuk itu, lakukan akupuntur kepada orang yang sudah ahli agar tidak terjadi masalah.