Atasi Kecanduan Kokain, Kate Moss Pilih Akupuntur Telinga

Model terkemuka Inggris, Kate Moss memilih akupuntur untuk mengatasi stres dan kecanduan kokain. Kate Moss didapati menggunakan plester kecil pada bagian dalam telinga kanannya, yang diyakini bagian dari terapi akupuntur telinga.

Pengobatan tradisional belakangan menjadi populer sebagai alternatif dari pengobatan medis ke rumah sakit. Alasannya beragam, mulai dari enggan operasi, obat kimiawi, atau mencari alternatif harga yang lebih murah.

Pengobatan alternatif ini akhirnya menjadi booming, termasuk akupuntur telinga. Terapi tradisional asal Tiongkok tersebut menggunakan jarum-jarum kecil yang ditancapkan pada berbagai titik tubuh. Akupuntur telinga ini juga sama, tapi penancapan jarum tersebut adalah di organ telinga.

Tapi, sebenarnya apa sih, akupunktur telinga ini? Apa saja gangguan kesehatan yang bisa disembuhkan? Terus, gimana prosesnya?

Akupuntur telinga ternyata bisa mengobati berbagai penyakit. Bahkan, dilansir dari shuswaptcm.com, akupuntur ini bisa menjadi jalan keluar buat hampir semua penyakit.

Sebab pada organ telinga terdapat banyak titik penting. Setiap titik memiliki hubungan saraf dengan organ-organ atau bagian tubuh yang berbeda. Seperti cervical spine, mata, hidung, dan lainnya.

Dilansir dari Acupuncture Environment, akupuntur telinga seperti dijalani Kate Moss, bisa membuat tubuhmu mengeluarkan endorfin, sehingga bisa membuatmu lebih tenang, dan rasa sakit berkurang, bahkan hilang.

Dapatkah Akupuntur Telinga Mengobati Kecanduan ?

Pada tahun 1972, ahli bedah saraf Dr HL Wen menemukan bahwa akupuntur yang dia gunakan pada pasien bedah untuk tujuan analgesik juga mengurangi keinginan pasien terhadap opium.

Wen menggunakan akupuntur telinga, di mana titik jarum secara rutin digunakan untuk menghilangkan rasa sakit di seluruh tubuh. Dia terus bereksperimen dengan akupuntur aurikuler dan menemukan tingkat pemulihan yang tinggi untuk semua jenis kecanduan.

BACA JUGA  Titik Akupresur Untuk Sakit Lutut Dijamin Ampuh

Sejak itu, hal ini menjadi landasan pemulihan bagi orang-orang dengan gangguan penyalahgunaan zat di banyak klinik di seluruh dunia. Pada tahun 1974, klinik detoksifikasi akupuntur dibuka di Lincoln Memorial Hospital di New York, sumber upliftconnect.com.

Perawatannya adalah 5 jarum di bagian luar setiap telinga, dibiarkan selama 30 hingga 45 menit.

Jenis akupuntur telinga yang biasanya digunakan untuk mengobati kecanduan, menargetkan tiga hingga lima titik tertentu di telinga.

Biasanya, titik jarum sesi akupuntur ditentukan dari satu sesi ke sesi berikutnya. Namun, prosedur untuk pemulihan semua jenis kecanduan tidak berbeda, sehingga memungkinkan dokter non-TCM untuk mengelolanya. [EB]

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...