Atasi Masalah Kesehatan Mata Dengan Akupuntur – Akupuntur adalah prosedur di mana jarum tipis dimasukkan melalui kulit seseorang pada titik-titik tertentu pada tubuh. Para ilmuwan tidak yakin persis bagaimana akupuntur bekerja tetapi telah terbukti memberikan pereda nyeri dan pengurangan mual sekunder untuk perawatan kanker. Akupuntur diperkirakan telah dimulai di Cina. Catatan sejarah akupuntur juga ditemukan dalam teks kuno di Jepang dan Korea

Tujuan akupuntur adalah untuk mengembalikan keseimbangan dan kesehatan dengan memanipulasi aliran “Qi” (kekuatan hidup) melalui saluran tak kasat mata yang mengalir dari kepala hingga kaki. Jalur ini, juga disebut sebagai meridian, terpisah dari jalur saraf dan pembuluh darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa akumulasi lokal neurotransmiter tertentu oleh saraf terdekat dimanipulasi oleh penyisipan jarum dan mungkin yang menyebabkan efek kesehatan yang menguntungkan dari akupuntur.

Atasi Masalah Kesehatan Mata Dengan Akupuntur

Menurut beberapa orang, ketidakseimbangan dalam tubuh dapat muncul sebagai masalah atau penyakit mata. Ketika Anda menjalani akupuntur, ketidakseimbangan apa pun yang mungkin menyebabkan gejala akan diatasi. Akupuntur mata berfokus pada peningkatan sirkulasi Qi dan darah di sekitar mata. Akupuntur terkadang digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk sindrom mata kering kronis

DIDUKUNG OLEH:

Penelitian telah menunjukkan akupuntur menyebabkan penurunan suhu permukaan mata yang membantu mengurangi penguapan air mata sepanjang hari. Prosedur ini juga terkadang digunakan untuk mengobati glaukoma. Glaukoma adalah penyakit saraf optik yang biasanya disebabkan oleh tekanan mata yang lebih tinggi dari normal. Dalam satu penelitian, tekanan mata menurun secara signifikan setelah akupuntur. Studi lain menunjukkan bahwa akupuntur berhasil mengurangi gejala penyakit mata alergi dan inflamasi.

Titik Akupuntur Di Sekitar Mata

Area berikut difokuskan selama akupuntur untuk kesehatan mata.

BACA JUGA  Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Agar Terhidar dari Penyakit

Jingming (UB-1) – Jingming berarti “mata yang cerah” dan terletak di sudut dalam mata. Titik ini dianggap membawa Qi dan darah ke mata dan membantu masalah mata seperti katarak, glaukoma, rabun senja, konjungtivitis, dan penglihatan kabur.
Zanzhu (UB-2) – Titik Zanzhu berada pada lipatan di ujung dalam alis. Titik ini menjadi fokus ketika pasien mengeluh sakit kepala, penglihatan kabur, nyeri, sobek, kemerahan, mata berkedut, dan glaukoma.
Yuyao – Yuyao berada di tengah alis tepat di atas pupil. Titik ini digunakan untuk mengobati ketegangan mata, kelopak mata berkedut, ptosis (kelopak mata atas yang menggantung rendah), kekeruhan pada kornea, kemerahan, dan pembengkakan.
Sizhukong (SJ 23) – Area Sizhukog terletak di area cekungan di bagian luar alis. Ini dianggap sebagai titik di mana akupuntur dapat dilakukan untuk membantu sakit mata dan wajah termasuk sakit kepala, kemerahan, sakit mata, penglihatan kabur, sakit gigi mata, dan kelumpuhan wajah.
Tongzilia (GB 1) – Tongzilia terletak di sudut luar mata. Titik ini dianggap mencerahkan mata. Manipulasi titik ini juga membantu mengobati sakit kepala, kemerahan, sakit mata, kepekaan cahaya, mata kering, katarak, dan konjungtivitis, sumber verywellhealth.com.