Bagaimana Akupuntur Atasi Efek Pasca Operasi seperti Robby Purba

Kabar kurang menyenangkan datang dari Robby Purba. Pasalnya, melalui akun Instagram pribadinya ia diketahui baru saja menjalani operasi pengangkatan tumor payudara.

Robby Purba menyebutkan jika dirinya telah mengalami sakit di bagian dada selama 9 bulan terakhir. Kini presenter sekaligus aktor tersebut mengatakan ingin fokus memulihkan diri pasca operasi.

Keefektifan Akupuntur untuk Mual Pasca Operasi

Mual dan muntah adalah masalah yang sering dikeluhkan hampir sebagian pasien setelah operasi. Beberapa pasien mengaku mengalami mual dan muntah setelah sadar dari operasi. Namun, ada pula pasien yang baru merasakan mual ketika sampai di rumah.

Sebuah penelitian berjudul “Perbandingan Antara Efek Akupuntur dan Metoclopramide pada Mual dan Muntah Pasca Operasi Setelah Laparoskopi Ginekologi: Percobaan Terkendali Secara Acak,” mengungkapkan beberapa hasil yang sangat positif mengenai penggunaan akupuntur. Uji coba tersebut muncul di jurnal medis Anesthesiology and Pain Medicine pada 2017.

- Advertisement -

Para peneliti melakukan percobaan double-blind dengan 122 wanita, yang semuanya menjalani laparoskopi ginekologi. Peserta penelitian semuanya berusia antara 19 dan 46 tahun. Mereka akan menjadi tiga kelompok utama.

Kelompok akupuntur terdiri dari 40 orang. Mereka yang berada dalam kelompok yang menerima obat antiemetik metoklopramid berjumlah 41 orang. Pada kelompok kontrol, ada 41 peserta.

Wanita dalam kelompok akupuntur menerima jarum pada titik yang disebut Perikardium 6, terletak di dekat pergelangan tangan, di lengan bagian dalam.

Penyisipan terjadi pada saat yang sama dengan anestesi yang diberikan kepada pasien. Jarum dikeluarkan selama ekstubasi. Ini adalah langkah terakhir dalam membebaskan pasien dari ventilasi mekanis pada penyelesaian operasi.

Setiap pasien akan mendapatkan pertanyaan selama masa pemulihan di ruang pemulihan pascaoperasi selama minimal satu jam.

BACA JUGA  Stroke dan Pengobatan Akupuntur untuk Menanganinya

Kelompok akupuntur mengalami penurunan mual yang signifikan secara statistik daripada dengan kelompok metoklopramid.

Kelompok akupuntur dan kelompok metoklopramid memiliki kemampuan yang sama untuk mengurangi muntah. Pada pasien dengan akupuntur, bila mereka bandingkan dengan kelompok kontrol, menunjukkan kapasitas yang luar biasa untuk mengurangi mual dan muntah.

Sebagai kesimpulan, para peneliti menetapkan bahwa berdasarkan bukti, akupuntur di Perikardium 6 adalah metode yang efektif untuk mengobati mual dan muntah pasca operasi.

Untuk mendapatkan pengobatan melalui akupuntur, Anda bisa berkunjung ke praktisi terdekat.

Di Indonesia sendiri sudah banyak pengobatan akupuntur. Pastikan Anda memilih praktisi yang berpengalaman agar mendapatkan hasil yang maksimal.Saat ini, akupuntur masih banyak yang menggunakannya.

Meskipun sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, masyarakat masih percaya dengan keefektifannya.

Pengobatan ini sama sekali tidak menyakitkan, meskipun nantinya akan ada jarum khusus yang praktisi akupuntur gunakan. Itu sama sekali tidak membuat Anda kesakitan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...