Bagaimana Akupuntur Membantu Mengatasi Jerawat ?

Bagaimana Akupuntur Membantu Mengatasi Jerawat ? – Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM) adalah sistem medis alami yang berasal dari Tiongkok dengan sejarah lebih dari 2.000 tahun.

Ini berfokus pada perawatan kesehatan holistik seperti penggunaan ramuan Cina dan akupuntur. Gagasan utama di balik TCM adalah bahwa ketika seseorang sakit, itu adalah tanda bahwa aliran ‘qi’ (energi) di dalam tubuhnya tidak seimbang.

Tingkat dan pola yang tepat dari ketidakseimbangan ini bervariasi antara orang ke orang, sehingga menjadikan TCM metode pengobatan yang sangat personal.

Bagaimana Akupuntur Membantu Mengatasi Jerawat ?

Akupuntur adalah salah satu komponen TCM yang telah mendapatkan popularitas luas selama bertahun-tahun. Ini semakin diadopsi oleh banyak negara Barat sebagai bentuk pengobatan alternatif untuk manajemen nyeri, pengurangan stres, dan bahkan gejala jerawat.

- Advertisement -

Praktisi TCM berlisensi memasukkan jarum tipis dan steril ke berbagai area tubuh yang disebut titik akupuntur untuk merangsang aliran energi dan menghilangkan penyumbatan yang mungkin menyebabkan penyakit.

Ada semakin banyak bukti dari penelitian ilmiah Barat yang menunjukkan efektivitas akupuntur untuk mengobati berbagai kondisi. Dari sudut pandang biomedis, akupuntur dipercaya dapat merangsang sistem saraf.

Ini mempengaruhi bagaimana tubuh memproduksi dan melepaskan hormon / neurotransmiter yang mengaktifkan mekanisme penyembuhan tubuh kita. Jarum mempengaruhi berbagai area otak yang bertanggung jawab untuk toleransi rasa sakit dan sensitivitas stres.

Ada sangat sedikit penelitian berkualitas baik tentang akupuntur khusus dalam pengobatan jerawat di luar Cina. Akupuntur dapat membantu mengelola gejala jerawat dengan:

  • Mendukung pelepasan faktor vaskular dan imunomodulator yang membantu menurunkan peradangan.
  • Meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami dan mengatur jumlah dan rasio jenis sel kekebalan.
  • Meningkatkan mikrosirkulasi lokal yang membantu menghilangkan pembengkakan.
BACA JUGA  4 Cara Membahagiakan Istri Agar Semakin Cinta

Bukti yang dikumpulkan dalam tinjauan sistematis menunjukkan bahwa akupuntur bersama dengan moksibusi adalah pengobatan jerawat yang aman dan efektif, dan mungkin lebih efektif daripada pengobatan barat.

Satu uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa akupuntur mengurangi lesi inflamasi pada peserta dan meningkatkan kualitas hidup. Percobaan lain menemukan hasil yang lebih baik dalam mengobati jerawat ketika akupuntur digunakan dalam kombinasi dengan radiasi laser auricular.

Sementara lebih banyak uji klinis dan penelitian diperlukan untuk menetapkan bukti yang jelas tentang kemanjuran akupuntur dan obat herbal Cina pada jerawat, banyak pasien melaporkan perbaikan setelah perawatan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...