Bagaimana Akupuntur Meredakan Alergi Musiman

Bagaimana Akupuntur Meredakan Alergi Musiman РPada artikel ini akan menceritakan seseorang yang mengalami alergi musiman.  Alergi musiman telah menjadi teman seumur hidup bagi orang tersebut. Obat pereda hanya bermanfaat sementara, obat-obatan lain hanya membuat saya mengantuk atau gelisah. Steroid hidung membantu, tetapi juga membuat hidung saya kering sampai berdarah.

Setelah infeksi sinus selama tiga tahun, ia mencoba suntikan alergi (dua kali seminggu selama setahun). Itu cukup membantu, tetapi di musim alergi tinggi, saya beralih kembali ke dekongestan, semprotan hidung, dan antihistamin.

Ia terjebak pada pilek pilek, bersin, tekanan sinus dan infeksi. Sampai akhirnya, seorang kenalan  menyarankan akupuntur. Dia memberi saya nama dokternya sampai akhirnya mengubah hidupnya.

Bagaimana Akupuntur Meredakan Alergi Musiman

Masalah alergi musiman ternyata bukan hal baru. Penyakit ini menjadi salah satu yang banyak didengar oleh ahli akupuntur, kata Sarah Weaver, seorang profesor di Northwestern Health Sciences University di Bloomington.

Weaver, ahli akupuntur berlisensi yang juga bersertifikat dewan dalam pijat dan perawatan tubuh, mengatakan keindahan pengobatan Tiongkok adalah dapat digunakan sebagai tambahan untuk pengobatan Barat tradisional untuk meningkatkan hasil.

Weaver menjelaskan bahwa orang-orang yang mengalami alergi musiman memiliki sistem kekebalan yang bereaksi berlebihan terhadap serbuk sari, debu, atau penyebab iritasi lainnya dan menghasilkan reaksi peradangan untuk menangkis serangan yang dirasakan. Sehingga, tidak nyaman mata bengkak, hidung, dan sinus tersumbat.

Dia mengatakan bahwa akupuntur membangun Qi pertahanan dan memiliki efek modulasi daya tanggap sistem kekebalan terhadap iritan alergi. Intinya, akupuntur membantu tubuh mengatur diri sendiri.

Perawatan akupuntur tampaknya mempercepat penyembuhan masalah ini. Seolah tubuh telah belajar bagaimana mengatasi alergen.

BACA JUGA  Akupuntur Membantu Memperkuat Dasar Panggul

“Dalam beberapa penelitian di mana pasien menjalani akupuntur ditambah perawatan biasa, antihistamin atau suntikan alergi dengan imunoterapi, mereka menemukan ada efek positif yang dipercepat atau diintensifkan dengan kombinasi tersebut,” katanya.

Akupuntur memang menjadi salah satu metode pengobatan yang sering dilakukan orang. Menjadi alternatif dari pengobatan lain yang umum dilakukan. Keefektifannya juga menjadi salah satu alasan banyak yang memakai.

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....