Bagaimana Akupuntur Obati Kecemasan Seperti Dialami Ranty Maria

Ranty Maria sudah memulai karier di dunia perfilman sejak kecil. Hal tersebut membuat Ranty Maria terbiasa bertemu orang banyak.

Namun siapa sangka pemeran sinetron ‘Putri untuk Pangeran’ ini juga merasakan gangguan kecemasan setiap kali ia mau tidur. Ranty Maria kadang memikirkan tentang kariernya di kemudian hari.

Akupuntur Dapat Mengobati Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan adalah gangguan kejiwaan yang sering ditemui yang biasa juga dikenal dengan depresi. Secara khusus, orang di negara besar harus beradaptasi dengan berbagai hal. Dan perubahan yang cepat karena prevalensi gangguan kecemasan yang tinggi dalam populasi mereka. Ini karena mereka secara langsung atau tidak langsung terkena stres yang cepat dan kronis.

Penelitian menunjukkan bahwa antara 1-30 persen populasi global menderita suatu bentuk kecemasan. Ada 13 sub-klasifikasi gangguan kecemasan yang tercantum dalam Diagnostic and Statistical Manual terbaru (digunakan oleh profesional medis untuk mendiagnosis dan mengobati kondisi psikologis), dengan gejala dan manifestasi fisik yang sangat bervariasi.

Mulai dari sesak napas dan variasi detak jantung, hingga serangan panik besar-besaran dan melemahkan, sakit kepala, nyeri, dan insomnia. Penderita gangguan kecemasan memiliki atribut psikologis yang lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi lain.

Akupuntur sekarang sudah umum digunakan dalam praktek klinis karena menguntungkan. Pengobatan ini tidak menimbulkan ketergantungan layaknya obat standar yang biasa digunakan untuk masalah ini.

Autonomic nervous system (ANS), yang terdiri dari Sympathetic nervous system (SNS) dan parasympathetic nervous system (PNS), mengatur kondisi internal yang diperlukan untuk keberadaan (homeostasis). Informasi diterima dari tubuh dan lingkungan luar dan respons dikirim oleh SNS, yang melepaskan sinyal rangsang, atau PNS, yang melepaskan sinyal untuk relaksasi.

Sinyal ini mengarahkan tubuh untuk bereaksi dengan cara yang sangat berbeda, seperti meningkatkan detak jantung dan kekuatan kontraksi, atau dengan mengurangi tekanan darah dan memperlambat detak jantung. Sangat menarik untuk mengetahui bahwa penelitian menunjukkan akupuntur mempengaruhi SNS dan PNS.

BACA JUGA  Manfaat Buah Zuriat untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Salah satu ukuran paling sensitif dari kemampuan tubuh untuk mengatasi stres adalah sesuatu yang disebut Heart Rate Variability (HRV). Alih-alih berdetak secara konsisten dengan kecepatan yang sama seperti metronom, jantung mengubah detaknya berdasarkan respons yang disesuaikan dengan lingkungan.

HRV yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik di semua domain, termasuk kesehatan mental dan tingkat kecemasan yang rendah. Akupuntur telah terbukti meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi stres dengan meningkatkan HRV.

TERBARU

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...