Bagaimanakah Cara Kerja Akupuntur?

Akupuntur menjadi salah satu alternatif pengobatan yang banyak diminati di Indonesia, namun sebenarnya bagaimana cara kerja akupuntur?

Dilansir dari laman codeblue.galencentre, Universitas Pengobatan Tradisional Cina Chengdu, menemukan bukti mutlak bahwa akupunktur bekerja sebagai pengobatan nyeri adalah seperti menemukan jarum terkenal di tumpukan jerami.

Penelitian tentang terapi tradisional China, yang telah digunakan selama sekitar 2.000 tahun, berlanjut di berbagai institusi di seluruh dunia, terutama di China.

Praktisi pengobatan Tiongkok tradisional percaya akupuntur dapat menyeimbangkan aliran energi atau kekuatan hidup melalui tubuh Anda. Dengan memasukkan jarum ke titik-titik tertentu, aliran energi akan kembali seimbang.

Jarum tipis ditusukkan pada titik-titik tertentu pada tubuh yang diduga dapat merangsang sistem saraf pusat yang selanjutnya merangsang organ tubuh untuk melepaskan hormon ke dalam otot, sumsum tulang belakang, dan otak. Sebagian besar digunakan untuk mengobati rasa sakit tetapi juga stres, masalah berat badan, kesuburan dan depresi.

Menurut WHO (World Health Organization), dari 129 negara yang disurvei, 80 persen di antaranya kini mengakui penggunaan akupuntur.

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang adalah: apakah ini benar-benar berhasil?

Dr Tao Yin adalah peneliti post-doctoral di Chengdu University of Traditional Chinese Medicine yang telah ikut menulis lebih dari 25 makalah tentang teknik ini.

Bagaimana cara kerja akupuntur?

Untuk memulainya, kita memerlukan pengetahuan dasar tentang Pengobatan Tradisional China yang menganggap manusia sebagai suatu kesatuan organik, bukan kumpulan organ atau jaringan. Orang sakit karena ketidakseimbangan antara yin dan yang dalam tubuh manusia. Akupuntur dapat membantu tubuh mengembalikan keseimbangan yin dan yang.

Itu mungkin terlalu abstrak, jadi ada tiga teori yang berhubungan dengan praktik kedokteran modern yang membantu menjelaskan cara kerja akupuntur.

Yang paling dikenal didasarkan pada teori regulasi imun neuroendokrin. Akupuntur dapat mengatur pelepasan neurotransmiter, neuropeptida, dan hormon dengan merangsang sistem kekebalan neuroendokrin, yang mengontrol fungsi-fungsi penting dalam tubuh seperti aliran udara dan darah ke paru-paru, detak jantung, tekanan darah, pencernaan, metabolisme, gula darah, dan pertumbuhan otot dan tulang.

Akupuntur juga dapat mengatur konsentrasi beberapa neurotransmiter, termasuk monoamina dan asetilkolin, bersama dengan kemokin, yang berperan penting dalam mempertahankan fungsi fisiologis normal dalam tubuh.

BACA JUGA  Tips Diet Sehat: Turunkan Berat Badan Secara Cepat dan Aman

Kedua, dengan memasukkan jarum ke titik lokal otot kita, dapat membantu mengencangkan otot dan mengatur kejang otot. Ini juga menginduksi pelepasan beta-endorfin dan faktor analgesik lainnya, sehingga dapat mengobati nyeri otot dan persendian.

Akupuntur menghasilkan sensasi kompleks yang dapat ditoleransi (termasuk nyeri, mati rasa, dll). Sensasi ini diunggah secara paralel dengan sensasi rasa sakit lokal dan dapat menghambat persepsi otak terhadap sinyal rasa sakit.

Artinya, rasa sakit yang ‘baik’ menghalangi persepsi kita tentang rasa sakit yang ‘buruk’.

Ketiga, akupuntur dapat membantu meningkatkan plastisitas sinaptik dan mengatur sekresi neurotransmiter serta memengaruhi aktivitas otak. Dengan cara ini dapat memperbaiki atau mengobati beberapa kondisi sistem saraf pusat.

Misalnya stroke. Ada bukti dari neuroimaging bahwa akupuntur dapat mengatur aktivitas fungsional korteks somatomotor pasien stroke. Dan inilah cara mereka meningkatkan neuroplastisitas, dan meningkatkan fungsi motorik mereka.

Dalam studi lain, peneliti mengeksplorasi akupuntur untuk depresi. Ternyata ketika akupuntur digunakan bersama dengan obat anti depresi dibandingkan dengan obat saja, terapi kombinasi tersebut dapat mengatur 5-Hydroxytryptophan dengan lebih baik yang membantu meringankan gejala depresi.

Berapa lama sampai pasien merasakan jarum bekerja?

Untuk analgesia, akupuntur bekerja secara instan dalam beberapa menit hingga puluhan menit. Untuk pengaturan fungsi organ dalam, pengobatan jangka panjang (biasanya 12 kali sebulan atau lebih) diperlukan.

Apakah ada alasan akupuntur tidak bekerja untuk beberapa orang?

Tidak ada terapi tunggal yang dapat mencakup semua penyakit. Jadi, mereka tidak akan bekerja selalu. Perbedaan semacam ini mungkin disebabkan oleh keadaan pasien sendiri. Dalam kondisi yang berbeda, tubuh dapat merespon secara berbeda terhadap rangsangan akupuntur dan menghasilkan efek terapeutik yang berbeda.

Kami telah melakukan penelitian dan pasien dengan sensasi akupuntur yang lebih baik atau lebih kuat akan memiliki efek pengurangan nyeri visceral yang lebih baik.

Apakah ada cara berbeda untuk melakukan akupuntur?

Ada jarum yang berbeda untuk penyakit yang berbeda. Bentuk akupuntur yang paling umum digunakan adalah akupuntur manual. Ahli akupuntur memasukkan jarum yang sangat tipis ke dalam kulit dan kemudian menggunakan jarum tangan untuk memanipulasi titik akupuntur.

BACA JUGA  Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Ada juga akupuntur-elektro di mana alat mengirimkan denyut listrik sebagai stimulasi. Kami menggabungkan akupuntur dan stimulasi listrik untuk mengobati rasa sakit dan bekerja dengan baik. Ada juga pengobatan lain seperti bekam dan moksibusi yang termasuk dalam terapi akupuntur.

Dan ada beberapa teknik khusus lainnya. Jarum api adalah jarum khusus, dan Anda perlu membakarnya sebelum perawatan. Ini efektif untuk masalah dermatologis seperti jerawat dan juga digunakan untuk beberapa gejala flu dan bekerja sangat baik untuk herpes.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berlatih menjadi ahli akupuntur?

Di China, ahli akupunktur termasuk dalam kategori Dokter Pengobatan China. Mereka mengambil jurusan akupuntur serta pengobatan tradisional Tiongkok dan pengobatan modern. Mereka harus belajar setidaknya lima tahun sebagai sarjana ditambah tiga tahun pelatihan khusus di rumah sakit.

Seberapa penting hubungan antara dokter dan pasien?

Saling percaya sangat penting dalam praktik klinis, terutama untuk pengobatan akupuntur. Penelitian dan pengalaman klinis menunjukkan bahwa hubungan dokter dan pasien yang baik sebenarnya merupakan faktor non-spesifik yang sangat penting yang mempengaruhi efisiensi klinis untuk akupuntur.

Dokter akupuntur akan berusaha menjalin hubungan yang baik dengan pasiennya. Sebelum perawatan mereka akan berbicara dengan pasien tentang mengapa mereka melakukan terapi akupuntur dan bagaimana mereka melakukannya sehingga pasien dapat memiliki gambaran yang jelas. Selama dan setelah terapi, dokter akan menanyakan bagaimana perasaan pasien sehingga mereka dapat menyesuaikan manipulasi berdasarkan respon pasien.

Satu studi tentang akupuntur untuk analgesia menunjukkan bahwa semakin akrab ahli akupuntur dan pasien satu sama lain, semakin baik efek analgesiknya. Ada peningkatan sinkronisasi aktivitas fungsional korteks motorik sensorik dan korteks prefrontal selama terapi akupuntur.

Sinkronisasi aktivitas otak mereka secara signifikan akan mempengaruhi efek langsung dari akupuntur. Pandangan tentang kerja neuroimaging terhadap ilmu otak ini menggambarkan bagaimana hubungan dokter-pasien dapat mempengaruhi efek terapeutik.

Tao Yin adalah peneliti pasca-doktoral di Universitas Pengobatan Tradisional China Chengdu.

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...