Ketika tubuh mengeluh pegal-pegal dan terasa sakit yang terlintas dipikiran adalah dipijat. Metode pijat biasanya memberikan tekanan-tekanan pada bagian tubuh yang dikeluhkan. Namun, apakah sobat sehat tahu bahwa ada bagian tubuh yang tidak boleh dipijat secara sembarangan?

DIDUKUNG OLEH:

Sebelumnya, tujuan pijat sendiri adalah untuk mengendurkan otot-otot yang menegang serta bisa membuat rasa pegal dan sakit akan berkurang. Untuk itu pastikan memilih ahli pijat profesional yang sudah paham kondisi tubuh.

Selain itu, para ahli pijat profesional pastinya mengetahui beberapa bagian tubuh yang seharusnya tidak dipijat. Inilah beberapa bagian tubuh yang tidak boleh dipijat sembarangan:

1. Leher

Di bagian leher terdapat pembuluh darah dan sistem saraf. Sebaiknya jika merasa pegal di area leher jangan dipijat dengan tekanan yang keras. Bisa menggunakan minyak gosok atau minyak aroma terapi dioleskan pada leher dengan lembut.

2. Perut

Bagi ahli pijat profesional pun akan sangat hati-hati untuk memijat tubuh bagian perut. Bagian tubuh yang tidak dilapisi tulang sama sekali ini pastinya beresiko jika terkena tekanan yang keras.

Jika mengeluh sakit pada perut lebih baik gunakan minyak aromaterapy atau minyak gosok dan jika merasa tidak nyaman atau tidak juga membaik periksa ke dokter adalah langkah yang tepat.

3. Ketiak

Pada area ketiak tempat berkumpulnya saraf, arteri, dan kelenjar getah bening. Tak heran jika area ketiak termasuk bagian tubuh yang sensitif meski hanya disentuh sekalipun.

4. Bola mata

Tidak usah dijelaskan panjang lebar deh tentang bagian tubuh ini. Jika merasa sakit lebih baik kompres pakai handuk hangat dengan posisi mata tertutup yah.

5. Belakang lutut

Bagian belakang lutut juga tidak boleh sembarang asal pijat. Ada banyak saraf yang terdapat pada belakang tubuh. Hindari untuk memijat bagian belakang lutut ya.

Intinya gunakan jasa ahli pijat profesional jika ada keluhan pegal-pegal atau sakit di area tubuh tertentu. Hal ini dikarenakan mereka tahu mana saja bagian tubuh yang tidak boleh dipijat sembarangan.

Dengan demikian, proses pijat bisa mendapatkan khasiat yang diharapkan. Selain itu, dapat terhindar dari masalah yang lebih serius, seperti salah otot atau bahkan patah tulang.