Hati-hati! Ini Bagian Tubuh yang Tidak Boleh Dipijat Sembarangan

Ketika tubuh mengeluh pegal-pegal dan terasa sakit yang terlintas dipikiran adalah dipijat. Metode pijat biasanya memberikan tekanan-tekanan pada bagian tubuh yang dikeluhkan. Namun, apakah sobat sehat tahu bahwa ada bagian tubuh yang tidak boleh dipijat secara sembarangan?

Sebelumnya, tujuan pijat sendiri adalah untuk mengendurkan otot-otot yang menegang serta bisa membuat rasa pegal dan sakit akan berkurang. Untuk itu pastikan memilih ahli pijat profesional yang sudah paham kondisi tubuh.

Selain itu, para ahli pijat profesional pastinya mengetahui beberapa bagian tubuh yang seharusnya tidak dipijat. Inilah beberapa bagian tubuh yang tidak boleh dipijat sembarangan:

1. Leher

Di bagian leher terdapat pembuluh darah dan sistem saraf. Sebaiknya jika merasa pegal di area leher jangan dipijat dengan tekanan yang keras. Bisa menggunakan minyak gosok atau minyak aroma terapi dioleskan pada leher dengan lembut.

- Advertisement -

2. Perut

Bagi ahli pijat profesional pun akan sangat hati-hati untuk memijat tubuh bagian perut. Bagian tubuh yang tidak dilapisi tulang sama sekali ini pastinya beresiko jika terkena tekanan yang keras.

Jika mengeluh sakit pada perut lebih baik gunakan minyak aromaterapy atau minyak gosok dan jika merasa tidak nyaman atau tidak juga membaik periksa ke dokter adalah langkah yang tepat.

3. Ketiak

Pada area ketiak tempat berkumpulnya saraf, arteri, dan kelenjar getah bening. Tak heran jika area ketiak termasuk bagian tubuh yang sensitif meski hanya disentuh sekalipun.

4. Bola mata

Tidak usah dijelaskan panjang lebar deh tentang bagian tubuh ini. Jika merasa sakit lebih baik kompres pakai handuk hangat dengan posisi mata tertutup yah.

5. Belakang lutut

Bagian belakang lutut juga tidak boleh sembarang asal pijat. Ada banyak saraf yang terdapat pada belakang tubuh. Hindari untuk memijat bagian belakang lutut ya.

BACA JUGA  Mengenal Terapi Air Panas Balneoterapi, Bisa Dijajal di Lau Debuk-debuk - Karo

Intinya gunakan jasa ahli pijat profesional jika ada keluhan pegal-pegal atau sakit di area tubuh tertentu. Hal ini dikarenakan mereka tahu mana saja bagian tubuh yang tidak boleh dipijat sembarangan.

Dengan demikian, proses pijat bisa mendapatkan khasiat yang diharapkan. Selain itu, dapat terhindar dari masalah yang lebih serius, seperti salah otot atau bahkan patah tulang.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...