Hati-hati! Ini Bagian Tubuh yang Tidak Boleh Dipijat Sembarangan

Ketika tubuh mengeluh pegal-pegal dan terasa sakit yang terlintas dipikiran adalah dipijat. Metode pijat biasanya memberikan tekanan-tekanan pada bagian tubuh yang dikeluhkan. Namun, apakah sobat sehat tahu bahwa ada bagian tubuh yang tidak boleh dipijat secara sembarangan?

Sebelumnya, tujuan pijat sendiri adalah untuk mengendurkan otot-otot yang menegang serta bisa membuat rasa pegal dan sakit akan berkurang. Untuk itu pastikan memilih ahli pijat profesional yang sudah paham kondisi tubuh.

Selain itu, para ahli pijat profesional pastinya mengetahui beberapa bagian tubuh yang seharusnya tidak dipijat. Inilah beberapa bagian tubuh yang tidak boleh dipijat sembarangan:

1. Leher

Di bagian leher terdapat pembuluh darah dan sistem saraf. Sebaiknya jika merasa pegal di area leher jangan dipijat dengan tekanan yang keras. Bisa menggunakan minyak gosok atau minyak aroma terapi dioleskan pada leher dengan lembut.

2. Perut

Bagi ahli pijat profesional pun akan sangat hati-hati untuk memijat tubuh bagian perut. Bagian tubuh yang tidak dilapisi tulang sama sekali ini pastinya beresiko jika terkena tekanan yang keras.

Jika mengeluh sakit pada perut lebih baik gunakan minyak aromaterapy atau minyak gosok dan jika merasa tidak nyaman atau tidak juga membaik periksa ke dokter adalah langkah yang tepat.

3. Ketiak

Pada area ketiak tempat berkumpulnya saraf, arteri, dan kelenjar getah bening. Tak heran jika area ketiak termasuk bagian tubuh yang sensitif meski hanya disentuh sekalipun.

4. Bola mata

Tidak usah dijelaskan panjang lebar deh tentang bagian tubuh ini. Jika merasa sakit lebih baik kompres pakai handuk hangat dengan posisi mata tertutup yah.

5. Belakang lutut

Bagian belakang lutut juga tidak boleh sembarang asal pijat. Ada banyak saraf yang terdapat pada belakang tubuh. Hindari untuk memijat bagian belakang lutut ya.

BACA JUGA  Pengobatan Herbal Sebagai Alternatif Obati Covid-19

Intinya gunakan jasa ahli pijat profesional jika ada keluhan pegal-pegal atau sakit di area tubuh tertentu. Hal ini dikarenakan mereka tahu mana saja bagian tubuh yang tidak boleh dipijat sembarangan.

Dengan demikian, proses pijat bisa mendapatkan khasiat yang diharapkan. Selain itu, dapat terhindar dari masalah yang lebih serius, seperti salah otot atau bahkan patah tulang.

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...