Bahan Herbal untuk Atasi Penggumpalan Darah

Tahukah Anda ada bahan herbal untuk pengencer darah yang bisa dikonsumsi dalam bentuk ramuan atau dicampur dalam sajian makanan? Bahan herbal ini juga kerap digunakan dalam pengobatan Cina.

Bahan Herbal untuk Pengencer Darah

Penggumpalan darah terjadi ketika protein, trombosit dan sel-sel dalam darah saling menempel. Sebenarnya kondisi ini normal, dan terjadi saat bagian tubuh tertentu mengalami luka, dan sebagai upaya untuk hentikan pendarahan.

Setelah pendarahan akibat luka tersebut berhenti, maka gumpalan darah ini akan pecah dan hilang dengan sendirinya. Meskipun normal, ada beberapa kondisi yang menyebabkan gumpalan darah yang banyak.

Kondisi ini tentu saja tak normal, apalagi gumpalan darah tersebut tidak pecah atau sejenisnya. Oleh karena itu, gumpalan darah yang muncul dalam kondisi ini perlu segera diatasi agar tak menimbulkan penyakit.

Gumpalan darah yang tidak pecah akan menyebabkan aliran darah dalam tubuh terhenti, atau terhalang sehingga darah berhenti mengalir dan mengedar ke beberapa organ penting seperti jantung, otak, dan paru-paru.

Kondisi ini jelas saja berbahaya karena bisa menyebabkan munculnya penyakit jantung, kanker otak dan kanker paru-paru yang bisa membahayakan nyawa. Darah adalah bagian penting yang harus selalu mengalir dengan lancar.

Asupan darah ke seluruh tubuh jelas penting karena di dalam darah tersebut mengandung oksigen yang membuat bagian tubuh bekerja dengan baik. Lalu, bagaimana cara mengatasi penggumpalan darah jenis ini?

Ada sebuah obat pengencer darah, namun penggunaan obat tak seharusnya dijadikan konsumsi rutin setiap masalah ini muncul. Obat bisa menimbulkan efek ketergantungan yang jelas saja tak baik bagi tubuh.

Cara lain selain obat untuk membantu mengencerkan darah adalah dengan mengonsumsi bahan rempah yang mudah didapatkan, dan biasanya dicampur dalam sajian makanan sebagai bumbu dan pelengkap rasa.

BACA JUGA  Obat Herbal Tiongkok Ini Bisa Lindungi dari Covid Seperti Dialami Hyuna

Salah satu bahan rempah yang sering digunakan adalah jahe, kunyit, kayu manis, ginkgo biloba yang berasal dari Cina, Korea dan Jepang, serta bawang putih yang biasa digunakan untuk memasak.

Selain pengencer darah, ada juga terapi akupuntur dan akupresur yang membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga penggumpalan akan segera pecah karena pengobatan tradisional Cina ini.

TERBARU

Tertarik Jajal Terapi Kerokan atau Gua Sha? Ketahui Dulu Efek dan Cara Amannya

Sebelumnya telah dipaparkan bahwa kerokan atau gua sha jamak...

Tertarik Konsumsi Suplemen, Baca Dulu Anjuran Dokter Bedah ini

Banyak orang menganggap bahwa suplemen bisa membantu mengatasi berbagai...

Kasus Diabetes Anak Makin Marak, Apa Penyebabnya?

Indonesia memiliki masalah serius dengan meningkatnya kasus diabetes pada...

Apakah Pengobatan Tradisional Masih Digunakan? Ini Penjelasan Lembaga WHO

Pengobatan tradisional merupakan bagian penting dari kesehatan global, WHO...

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami....

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Tertarik Jajal Terapi Kerokan atau Gua Sha? Ketahui Dulu Efek dan Cara Amannya

Sebelumnya telah dipaparkan bahwa kerokan atau gua sha jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Namun, Ketua Umum PIKTI Dr. Dr. Ekawahyu Kasih, S.Pd.,...

Tertarik Konsumsi Suplemen, Baca Dulu Anjuran Dokter Bedah ini

Banyak orang menganggap bahwa suplemen bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti menurunkan berat badan, merawat rambut, jerawat, kuku, dan kesehatan secara keseluruhan. Meski...

Kasus Diabetes Anak Makin Marak, Apa Penyebabnya?

Indonesia memiliki masalah serius dengan meningkatnya kasus diabetes pada anak-anak. Melansir laman BBC Indonesia, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru-baru ini mengungkapkan bahwa prevalensi...

Apakah Pengobatan Tradisional Masih Digunakan? Ini Penjelasan Lembaga WHO

Pengobatan tradisional merupakan bagian penting dari kesehatan global, WHO menyampaikan bahwa diperkirakan 88% negara anggota telah menggunakan praktik seperti obat herbal, akupuntur, dan terapi...

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan jamu dan tanaman obat. Sayangnya, pemahaman masyarakat tentang jamu masih terbatas pada Pulau Jawa. Setiap...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami. Praktisi dan Dosen Tuina, Didik Waluyo, Ir. M.Med menjabarkan ihwal ini dalam PIKTI E-Seminar Seri...