Secara umum, perut buncit memiliki bahaya bagi kondisi kesehatan. Apa sih yang membuatnya bahaya? Iya yang membuatnya bahaya adalah penimbunan lemak pada perut tersebut. Apa saja bahayanya? Sobat sehat bisa simak penjelasan berikut ini tentang bahaya dan cara mengatasi perut buncit.

Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan

Perut yang buncit menandakan adanya penumpukan lemak. Secara umum ada dua jenis lemak yang menumpuk pada perut, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral.

1. Lemak Subkutan

Pertama, lemak subkutan yang merupakan lemak yang berada di bagian bawah kulit. Lemak ini terlihat dan bisa disentuh secara langsung.

2. Lemak Viseral

Kedua, lemak viseral yang berada di sekitar organ dalam tubuh sehingga keberadaannya tidak terlihat. Lemak ini pun sering dikaitkan dengan kondisi obesitas.

Nah, apa saja bahaya yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak ini? Sederhananya, penimbunan lemak dapat mengganggu metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan tumpukan-tumpukan lemak mengeluarkan senyawa hormon dan peradangan (sitikon).

Senyawa ini bisa memicu timbulnya penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. Bahkan dalam sebuah penelitian zat-zat tersebut dapat memicu kanker tertentu, seperti kanker usus besar, kanker kerongkongan dan kanker pankreas.

Selain itu, bahaya dari perut buncit juga berkaitan erat dengan peningkatan korestrol buruk dan penurunan korestrol baik.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebenarnya lemak yang berbahaya dan paling berperan adalah lemak viseral. Keberadaanya yang sulit terlihat membuatnya sulit untuk dihilangkan. Tapi paling tidak sobat sehat bisa melakukan cara-cara berikut untuk mengatasi perut buncit:

1. Diet

Cara yang pertama sobat sehat bisa melakukan diet sehat untuk mengatasi perut yang buncit. Cara ini terbilang ampuh dan memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengecilkan perut.

2. Olahraga

Cara yang kedua adalah olahraga. Selain melakukan diet sobat sehat juga perlu mengkombinasikannya dengan olahraga. Salah satunya adalah sit-up.

3. Kurangi Minum Beralkohol

Selain tidak baik bagi kesehatan, minuman beralkohol juga memiliki pengaruh terhadap kondisi perut. Dalam sebuah penelitian sering mengkonsumsi minuman beralkohol berpotensi purit menjadi buncit.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai bahaya dan cara mengatasi perut yang buncit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sehat semua.