Bahaya Olahraga Malam Bagi Jantung, Apa Benar?

Olahraga malam adalah pilihan bagi para pekerja yang sangat sibuk di waktu pagi dan sore hari. Setelah melakukan aktivitas yang melelahkan biasanya para pekerja ini sering bermain futsal.

Penjelasan Medis

Kondisi fisik yang lelah dipaksakan untuk melakukan aktivitas futsal sangatlah tidak baik bagi tubuh dan sangat bahaya olahraga malam bagi jantung. Menurut Dr. Jajat Darajat Kusumah S.Pd M.Kes AIFO mengemukakan bahwa olahraga di malam hari sangatlah membebani kinerja jantung.

Jadi menurut beliau waktu terbaik olahraga adalah pagi atau sore dan malam hari waktunya memberikan waktu istirahat bagi tubuh terutama jantung. Memberikan waktu beristirahat di malam hari juga bermanfaat untuk memberikan waktu pemulihan bagi tubuh setelah melakukan aktivitas seharian penuh.

Kesalahan yang sering terjadi saat olahraga malam adalah melupakan pemanasan dan pendinginan saat memulai berolahraga malam.

- Advertisement -

Apalagi olahraga yang dipilih futsal atau tenis yang permainannya membutuhkan berlari yang sangat membebani jantung. Jadi sangat tidak disarankan berolahraga futsal atau tenis di malam hari.

Lalu Bagaimana Solusinya?

Bagi kamu yang hanya mempunyai waktu malam hari untuk berolahraga, tidak perlu cemas karena ada cara agar tetap bisa berolahraga. Namun tetap terhindar dari bahaya olahraga malam bagi jantung.

Untuk hal ini kamu bisa simak penjelasa dari Dr. T Bahdar Johan, Sp.PD. Menurutnya olaharaga sepak bola dan tenis memang membebani jantung jika tubuh dalam kondisi tidak siap. Jika olahraga jogging atau bersepeda itu tidak berbahaya.Tubuh yang tidak pernah atau jarang berolahraga kemudian langsung berolahraga tenis atau sepak bola itu disebut pemaksaan tubuh.

Jadi untuk melakukan aktivitas olahraga di malam hari tubuh perlu disiapkan terlebih dahulu. Mulailah dengan menjadwal olahraga jogging 30 menit setiap hari atau bersepeda tiap hari lalu tenis, sepak bola, atau futsal dilakukan seminggu sekali sampai tubuh benar-benar siap melakukan olahraga tersebut di malam hari.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Keringat Dingin Yang Menganggu

Bahkan Dr. T Bahdar Johan, Sp.PD tidak melarang bagi pekerja kantor untuk bermain futsal di malam hari akan tetapi harus melakukan pemanasan sebelum memulai dan diakhiri dengan pendinginan.

Di malam hari kondisi ligamen dan tendon tubuh sudah siap jadi lebih sedikit terjadinya cedera daripada saat di pagi hari yang membutuhkan pemanasan lebih lama kurang lebih 10-15 menit. Karena jika pemanasannya kurang bagus tubuh akan mengalami cedera saat berolahraga.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...